Kakanwil Serahkan Penghargaan, KUA Garda Terdepan Kementerian Agama

Jumat, 01 Juni 2018 | 08:09       Dibaca 148 kali


Balikpapan (Inmas-Kwl) – Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bimbingan Teknis Kenaikan Pangkat Penghulu Fungsional Se Kalimantan Timur di Hotel Platinum Balikpapan 30 Mei hingga 1 Juni 2018.

Kegiatan yang diikuti 71 orang penghulu dan 9 orang pengelola kepegawaian pada Kankemenag Se Kalimantan Timur dibuka oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor (30/5).

Dalam sambutannya Kakanwil menilai pentingnya kegiatan ini, sebab dalam kenyataannya sering mengalami kendala akibat adanya kekeliruan pada penetapan angkat kredit maupun usul pangkat. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman tentang aturan yang berlaku, juga karena tidak jarang adanya perubahan-perubahan aturan tentang hal ini, terangnya.

Kakanwil menyatakan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan memiliki posisi dan kedudukan yang sangat penting dalam rangka pencitraan Kantor Kementerian Agama secara keseluruhan, sebab KUA merupakan instansi yang banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat di segala tingkatan. “ KUA adalah garda terdepan Kementerian Agama “ ujarnya.

Tugas KUA dapat dikatakan berat selain melaksanakan pencatatan nikah dan bimbingan perkawinan, juga banyak tugas lainnya dalam membina umat di wilayahnya.

Kakanwil juga mengingatkan dalam menyikapi radikalisme dan terorisme, KUA harus memperhatikan dan menangkal jika ada pergerakan atau kelompok orang yang mencurigakan gerak-gerik, tingkahlaku maupun dalam ajaran agamanya, maka itu harus diwaspadai.

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan hasil atau output yang lebih baik pada peningkatan kinerja pengelola kepegawaian di satkernya masing-masing, harap bapak empat anak ini.

Pada kegiatan ini Kakanwil menyerahkan penghargaan kepada peserta terbaik penilaian KUA Teladan tingkat Kalimantan Timur tahun 2018 dengan juara 1 KUA Kec. Muara Kaman Kab. Kutai Kartanegera, 2 KUA Kec. Sangatta Selatan Kab. Kutai Timur, 3 KUA Kec. Samarinda Utara dan 4 KUA Kec. Balikpapan Selatan.

Hadir mendampingi Kabid Bimas Islam Nabhan, Kasi Kepenghuluan dan Bina KUA Johan Marpaung. (rd)