Misinah, S.Pd, Guru RA Al-Hikmah Wakili Kaltim Terima Penghargaan Tersemangat 1

Jumat, 08 Juni 2018 | 14:06       Dibaca 39 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Sukses mengukir prestasi kembali ditorehkan guru RA Al-Hikmah Girimukti Penajam Misinah, S.Pd yang diterimanya melalui kegiatan Workshop Pengembangan Etika dan Karakter GTK RA di The Mirah Hotel, Bogor tanggal 22-23 Mei 2018 lalu.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta dari 30 propinsi se Indonesia di The Mirah Hotel ini Misinah, S.Pd Kepala RA Al-Hikmah dari Kab. PPU ini menerima penghargaan tersemangat pertama terpilih mewakili Propinsi Kaltim. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dr.Ispawati Asri dari Pusdiklat Teknis dan Keagamaan Jakarta Pusat.

Guru Raudlatul Athfal (RA) harus pandai membaca karakter anak. Jika salah baca, guru RA tidak akan mampu mengoptimalkan karakter anak sejak dini, ucap Misinah mengutip pernyataan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Suyitno, saat memberikan arahan dalam Workshop Pengembangan Etika dan Karakter Guru Tenaga Kependidikan RA di Bogor.

"Jangan sampe bibit unggul salah mendidik. Kalo tidak mau menjadi bibit yang gagal, karakter anak jangan dibonsai," tambah Misinah. Sambung Misinah, Guru RA harus melakukan pendekatan pada anak untuk mengetahui dan memetakan varian karakter mereka. Sehingga, pengajarannya pun akan berbeda pada setiap anak. "Tiap anak memiliki karakter berbeda, guru tidak bisa memaksa minat seorang anak," tambahnya lagi.

Misinah selain menjabat kepala RA Al-Hikmah juga menjabat sebagai ketua IGRA Kab. Penajam Paser Utara menerangkan dipilihnya RA Al-Hikmah mewakili Prov. Kaltim diantaranya memiliki prestasi dan keaktifan seorang Misinah dikegiatan-kegiatan RA. Selain itu dipilihnya RA Al-Hikmah dikarenakan memiliki jumlah murid yang banyak.

Misinah berharap dengan diterimanya penghargaan tersebut menginginkan guru RA di PPU dan Indonesia umumnya memiliki etika dan karakter yang wajib dimiliki seorang guru RA dalam mendidik anak-anak bangsa yang berakhlakul karimah. "Menginginkan sesuatu dari murid haruslah dimulai dari guru itu sendiri yang harus miliki etika dan karakter." Ungkap Misinah kepada Humas.

Kedepannya Misinah berharap adanya pelatihan-pelatihan lainnya dari Kemenag yang dapat menunjang skill seorang guru RA agar menjadi mantap dan profesional.

Atas prestasi yang diraihnya dan pelatihan yang diikuti, Misinah mengucapkan terima kasih kepada Direktorat GTK Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Dinas Pendidikan Prov. Kaltim. Dan lebih utama juga ucapan terima kasih disampaikan kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Penajam Paser Utara atas dukungan dan support yang diberikan. (basz)