Pesan Bapak Hamid, Umat Buddha Menghayati Makna Waisak

Rabu, 13 Juni 2018 | 15:16       Dibaca 79 kali


Samarinda (inmas – kwl). Mewakili Kakanwil, Bapak Abd. Hamid Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltim memberikan apresiasi kepada umat Buddha yang selama peringatan Waisak banyak kegiatan sosial dan spiritual yang dilaksanakan. Itu disampaikannya pada acara Dharmasanti Waisak di Buddhis Center Samarinda, Minggu (10/6).

Diantaranya; kegiatan sebulan penghayatan dhamma, membersihkan makam pahlawan, memberikan sembako kepada panti asuhan dan panti jompo, Donor Darah, mengadakan berbuka bersama di Buddhist Centre dan kegiatan social lainnya.

“Dan ditutup dengan acara Silaturahmi Perayaan Dharma Santi Waisak saat ini, sebagai acara puncak,” tambah Bapak Hamid di hadapan ratusan umat Buddha.

Setidaknya ada tiga yang ia harapkan dalam peringatan Waisak bagi umat Buddha. Yaitu hakikat dan makna Tri Suci Waisak hendaknya dapat di hayati, di amalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. mengaktualisasikan Dharma agama ke dalam negara.

Perayaan hari Tri Suci Waisak, hendaknya semakin memberikan pencerahan iman dan taqwa, sehingga mampu memberikan motivasi bagi pembangunan nasional menuju masyarakat yang berkeadilan dan berkemakmuran.

Hari Raya Tri Suci Waisak hendaknya mampu memberikan motivasi dan semangat dalam menumbuh kembangkan kebersamaan, toleransi, menuju kerukunan antara umat beragama yang hakiki, sebagai bagian dan perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Acara yang dirangkai dengan pelantikan pengurus LPTG Kaltim oleh Gubernur Kaltim di hadiri sejumlah tokoh lintas agama dan forkompimda Kaltim. (sim).