Pengukuran Arah Kiblat Pembangunan Langgar Al Farisi

Kamis, 28 Juni 2018 | 13:59       Dibaca 64 kali


Paser (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser melalui Penyelenggara Syariah menindak lanjuti permohonan pengukuran arah kiblat Langgar Al Farisi yang berlokasi di Desa Tanah Periuk Kabupaten paser Tanah Grogot. Senin (25/6) tim pengukur arah kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser yang terdiri dari Kepala Penyelenggara Syariah M. Syahrul, S.Pd.I dengan  di dampingi tim Kehumasan Salman Mahdi melaksanakan pengukuran arah kiblat di lokasi tersebut.

Pengukuran tersebut di saksikan langsung oleh M. Rafi selaku wakif dan pembangun Langgar Al Farisi. Bahwa arah kiblat Langgar Al Farisi setelah di lakukan pengukuran adalah 67o38’U-B/22o22’ BU dengan koordinat  1o54’ LS/116o11’BT.

M. Syahrul, S.Pd.I sebagai ketua Tim menjelaskan bahwa pentingnya pengukuran arah kiblat sebelum membangun mesjid atau Langgar/mushola yang harus melalui prosedur sesuai aturan yang berlaku. Sebab tak jarang ditemukan bangunan masjid atau rumah ibadah yang mengalami kekeliruan dalam menentukan dan memposisikan arah kiblatnya. Beliau mengatakan, kekeliruan ini juga biasa dipengaruhi oleh pergeseran lempeng bumi akibat gempa, beliau juga menjelaskan tentang pentingnya pengukuran arah kiblat yang benar sesuai standar nasional yang ditetapkan Kementerian Agama.

Beliau juga menegaskan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser melalui Penyelenggara Syariah selalu siap melayani permohonan pengukuran arah kiblat dari masyarakat di wilayah Kabupaten Paser Paser. (sm/i).