Panitia Daerah Persiapkan Keberangkatan Calon Haji Kab. PPU

Kamis, 28 Juni 2018 | 20:16       Dibaca 144 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Meski pelaksanaan keberangkatan jamaah haji kloter 10 dijadwalkan 8 Agustus 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (28/6) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan keberangkatan dan pemulangan jamaah haji bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Penajam Paser Utara di Ruang Rapat Sekretaris Daerah.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Kesra H. Herlambang mewakili Sekda Penajam Paser Utara, Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara H Maslekhan, Polres PPU, Dinas Perhubungan, Kabag Umum Setkab PPU, Kasat Pol PP, serta Bagian Humas dan Protokol.

Kabag Kesra Herlambang mengatakan rakor persiapan pemberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2018 ini merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan, bertujuan untuk menghindari kendala saat hari keberangkatan dan kepulangan jamaah haji asal PPU.

Selain itu rapat juga membahas secara teknis dan sistem keberangkatan yang akan dilaksakan pada hari pelaksanaanya nanti,” ungkap Herlambang. Ia juga meminta kepada dinas perhubungan agar dapat berkoordinasi dengan pihak angkutan kapal feri yang akan membawa JCH PPU. Termasuk juga rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian lalu lintas.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara H. Maslekhan menjelaskan bahwasanya JCH asal PPU akan diterima diembarkasi haji Balikpapan tanggal 8 Agustus pada pukul 10.00 wita dan akan diberangkatkan besok hari pada pukul 10.20 wita dan tiba di Jeddah pada pukul 17.15 WAS. Untuk jadwal pemulangan haji kloter 10 dari Madinah tanggal 19 September dan pada tanggal 20 September sudah tiba di tanah air pada pukul 11.05 wita.

JCH PPU tahun ini berjumlah 128 orang ditambah 2 orang TPHD menjadi 130 orang, ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 96 orang. Dari 130 JCH ada 3 orang yang mutasi dari PPU ke Balikpapan sehingga hanya 127 orang yang berangkat dari PPU.

JCH asal PPU yang masuk dalam kloter 10 bergabung dengan JCH Kota Samarinda (20), Kota Balikpapan (51), dan Kab. Paser (249), serta 5 orang petugas kloter.

Kepala Kantor H. Maslekhan yang juga tahun ini menjadi petugas TPIHI menambahkan bahwa ada kebijakan baru dari Kementerian Agama terkait penandaan koper jamaah. Dan untuk JCH PPU penandaan akan diberikan saat penyerahan/pengumpulan koper jamaah di kantor kemenag tanggal 7 Agustus 2018 atau sehari sebelum keberangkatan ke embarkasi.

Dalam rapat juga telah disepakati bahwa pelepasan Jamaah Calon Haji Kab. Penajam Paser Utara akan dilaksanakan tanggal 10 Juli di Aula Kantor Kemenag PPU. Untuk pemberangkatan seperti tahun sebelumnya diputuskan berkumpul di Masjid Agung Al-Ikhlas Islamic Center. (basz)

 


Baca Juga

Kamis, 28 Juni 2018 | 20:16

Pengambilan Koper Jamaah Haji Kabupaten Paser


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi