Bangga : Guru MAN 2 Kukar Terbitkan 18 Buku Berstandar Nasional

Senin, 02 Juli 2018 | 09:22       Dibaca 135 kali

Guru MAN 2 Kukar Bersama Buku Karyanya

Kukar (Madrasah) – Guru MAN 2 Kutai Kartanegara kembali menorehkan kebanggaan bagi Madrasah Kalimantan Timur, kali ini dua Guru MAN 2 Kutai Kartanegara telah berhasil menerbitkan 18 judul buku yang telah memperoleh ISBN dari Perpustakaan Nasional. Kedua Guru tersebut ialah Ibu Nurlia Santi Agustin, S,Pd., M.Pd yang telah menerbitkan 16 buku Fiksi dan Bapak Rais Budiarto, S.Pd., M.Si yang telah menerbitkan 2 buku Non Fiksi.

Judul buku Fiksi karya Nurlia Santi Agustin ini yaitu Novel " Gadis Naik Bujang", Kumpulan Cerpen "Bidadari Cemburu", Cerita Anak "Tiga Penjaga Hutan Borneo", Cerita Anak "Negeri Gulali", Cerita Anak "Mona dan Tiramisu", Cerita Anak "Balapan di Sirkuit Neuron", Kumpulan Puisi "Melepas Aksara", Cerpen Anak " Sayap dari Tuhan", Kumpulan Cerpen "Kunang-Kunang", Buku pemenang kontes fiksimini "Batu Lezat", Kumpulan puisi "Malam Super Blood Moon", Kumpulan Cerpen "Perempuan yang Kuceritakan Padamu", Buku puisi guru "Pejuang Kapur dan Papan", Kumpulan Puisi Anak "Agama Kami Berbeda", Kumpulan Artikel Pendidikan " Mendidik dengan Hati", dan Kumpulan Pantun "Guru Berpantun".

Sementara itu, Menurut Nurlia Shanty Agustin, S.Pd., M.Pd yang bertugas sebagai Guru Bimbingan Konseling (BK) ini menyatakan bahwa kegiatan menulis buku ini dilakukan disela-sela kegiatan melakukan konseling terhadap siswa.

“Alhamdulilah sudah 16 buku yang telah terbit, penulisan buku ini saya lakukan disela-sela tugas melakukan konseling terhadap siswa. Penulisan buku ini juga bertujuan untuk memotivasi para siswa untuk turut serta menulis dan menuangkan ide serta pemikiran melaui tulisan. Kami juga melakukan bimbingan menulis kepada siswa khususnya penulisan cerpen” ungkap Santi.

Selanjutnya judul buku no fiksi karya Bapak Rais Budiarto yaitu Raiz Texture (Aplikasi Jitu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa), dan Panduan Bimbingan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Sebagaimana diketahui bahwa sosok Rais Budiarto ini ialah Guru berprestasi yang telah memperoleh bebrapa penghargaan yaitu Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Menteri Agama RI dan Penghargaan Guru Berprestasi dari Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, serta berhasil membawa siswa MAN 2 Kutai Kartanegara memperoleh juara di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional di bidang Karya Tulis Ilmiah.

Menurut Rais, buku yang ditulisnya ini ialah buku tentang hasil penelitian lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional serta buku panduan pembinaan Kelompok Ilmiah Remaja.

“Buku pertama yang saya tulis merupakan inovasi yang saya kembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, inovasi ini telah lolos ke final Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional, sedangkan buku kedua berisi tentang panduan pembinaan kelompok ilmiah remaja serta metodologi penelitian, buku kedua ini diharapkan mampu mempermudah siswa dalam proses melakukan penelitian ilmiah” ujar Rais.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kutai Kartanegara, Samuri, S.Pd., M.Si mengungkapkan kebanggaan dan apresiasi terhadap karya-karya yang telah diciptakan oleh guru-guru ini.

“Saya sangat bangga atas inovasi dan karya yang telah diciptakan oleh guru-guru MAN 2 Kutai Kartanegara. Diharapkan prestasi ini akan menjadi panutan bagi para siswa untuk mengembangkan inovasi dan karya mereka, pihak Madrasah akan terus mendorong terciptanya karya-karya baru yang ditorehkan oleh para siswa maupun guru”. ucap Samuri. (rz)