Kakanwil : Benda Wakaf, Selesaikan Yang Tidak Bermasalah

Rabu, 04 Juli 2018 | 10:47       Dibaca 40 kali

Kakanwil Sofyan Noor, membuka Bimtek SIWAK se Kab. Kutai Kartanegara

Samarinda (Inmas-Kwl) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) se Kabupaten Kutai Kartanegara (3/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Singgasana Tenggarong ini diikuti 30 orang peserta dari unsur Kemenag dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan para operator.

Kakanwil dalam sambutannya mengatakan bahwa SIWAK mempunyai peranan yang sangat berpengaruh dalam menghimpun, mengelola, mengolah dan menginformasikan kepada pihak lain dengan data yang akurat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Disadari bahwa sampai saat ini masih banyak aset-aset yang berasal dari wakaf masyarakat masih belum terselesaikan baik secara administrasi maupun ketepan hukum kepemilikannya, sambungnya.

Mantan Karo IAIN Antasari Banjarmasin ini juga memberikan beberapa ilustrasi dan contoh kasus tanah wakaf yang pernah diketahuinya, untuk dijadikan gambaran bahwa pentingnya pengamanan benda wakaf secara benar dengan bukti dan prosedur yang telah ditentukan.

Kakanwil menekankan ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk memperlancar segala tahapan dalam pengelolaannya. Pertama, agar dapat mendahulukan dalam menyelesaikan sampai tuntas benda atau lahan wakaf yang tidak bermasalah, namun yang bermasalah juga tetap untuk diperhatikan menuju proses penyelesaiannya.

Kedua, agar dapat memastikan dokumen benar-benar lengkap, ini untuk memudahkan pengurusan ke Badan Pertanahan (BPN). Ketiga, agar memastikan semua aset sudah menjadi hak milik dengan bukti sertifikat dan Keempat, agar dapat memastikan semua aset aman.

Karenanya peran dari nadzir dan pengelola khususnya pada KUA dan Kankemenag sangat penting dalam menangani tentang benda wakaf ini di daerahnya masing-masing, pungkasnya.

Nampak hadir pada kegiatan ini Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kaltim Nabhan dan Kakankemenag Kutai Kartanegara Fahmi.(rd)


Baca Juga

Rabu, 04 Juli 2018 | 10:47

LPTQ Kab. Berau Gelar Rapat Persiapan STQ


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi