PPIH Embarkasi Balikpapan 1439 Telah Dilantik

Kamis, 05 Juli 2018 | 22:11       Dibaca 67 kali

Pelantikan PPIH Embarkasi Balikpapan 1439 H

Balikpapan (Inmas-Kwl) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Balikpapan tahun 1439 H / 2018 M resmi dilantik oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, H Muhammad Sya’bani atas nama Gubernur Kalimantan Timur.

Pelantikan berdasarkan keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia nomor 254 Tahun 2018 dilaksanakan di Asrama Haji Balikpapan, Kamis (5/7)

Dilantik sebagai ketua PPIH adalah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor.

Usai pelantikan, Kakanwil mengatakan, sesuai jadwal untuk kloter pertama akan masuk asrama haji pada 26 juli 2018 dan akan berangkat pada 27 juli 2018 yaitu jamaah dari kota Balikpapan.

Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan 13 kelompok terbang (kloter) yang berasal dari 4 provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. “Dengan rincian jumlah jamaah, Kaltim 2.595 orang, Kaltara 418 orang, Sulut 2.000 orang dan Sulteng 715 orang, sehingga total jamaah yang berangkat dari embarkasi Balikpapan adalah 5.728 jamaah”, terangnya.

Dalam sambutan gubernur diharapkan panitia dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan pelayanan kepada jamaah pada tahun ini agar lebih baik dari tahun sebelumnya. “Untuk itu PPIH agar dapat memainkan peranan secara maksimal, kerjasama, koordinasi dan komunikasi perlu ditingkatkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para jamaah sesuai undang-undang nomor 13 tahun 2008.

Gubernur menginginkan adanya prinsip kerja panitia, pertama, memberikan pelayanan dan memuliakan tamu-tamu allah, karena itu tempatkan pelayanan yang diberikan sebagai ibadah dengan dan niatkan berkerja dengan ikhlas, sehingga pelayanan lebih bermakna dan bekerja sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan jemaah haji.

Kedua, siapkan seluruh sarana dan prasarana yang ada di asrama haji dan pendukung lainnya seperti listrik, air bersih, telpon, kebersihan dan ketertiban serta keamaanan di asrama haji.

Ketiga, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Balikpapan agar dapat mengelola, merawat dan memelihara serta mengembangkan asrama haji agar ke depan lebih baik lagi.

Keempat, tingkatkan koordinasikan pelaksanaan tugas pelayanan sejak jamaah tiba di asrama haji, sampai menuju bandara, baik pada fase pemberangkatan hingga pemulangan.

Pelantikan dirangkai dengan pelaksanaan meal test dari garuda Indonesia selaku maskapai penerbangan yang akan membawa jamaah haji asal embarkasi Balikpapan tahun ini.

 Nampak hadir, Direktur pengelolaan dana haji Kementerian Agama RI Ramadhan Harisman, pimpinan PT Garuda Indonesia Cabang Balikpapan, Perwakilan dari Polda Kalimantan Timur, para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dan undangan lainnya. (rd)