Dialog Lintas Agama, Kakanwil Minta Pikirkan Masa Depan

Minggu, 08 Juli 2018 | 08:32       Dibaca 294 kali

Narasumber Dialog Lintas Agama se Kabupaten Paser

Tanah Grogot (Inmas-Kwl) – Dalam kehidupan sehari-hari agama merupakan sebuah identitas sosial dan sebagai perekat sosial, karenanya perlu dibentuk kepribadian pada setiap orang.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor saat menjadi narasumber pada kegiatan dialog lintas agama se Kabupaten Paser di aula Kantor Kemenag Kabupaten Paser (6/7).

Kakanwil menyatakan untuk dapat menjadikan kita semakin rukun dalam kehidupan ini, maka harus ada sesuatu yang diajarkan kepada semua umat, salah satunya adalah toleransi baik intern maupun antar umat beragama.

Kita juga harus memahami arti sesungguhnya toleransi itu, adalah bagaimana kita dapat ikhlas menerima perbedaan diantara kita, karena itu sudah kenyataan hidup bagi kita semua.

Dengan situasi kerukunanan di Kabupaten Paser maupun Kalimantan Timur yang kondusif selama ini, maka saya berharap kita semua harus merawat bersama, kita jangan terlalu memikirkan peristiwa masa lalu yang pernah mengganggu kehidupan, tetapi kita agar memikirkan bagaimana masa depan kehidupan kita dapat lebih baik lagi.

Karenanya generasi penerus, semua umat beragama, harus kita ajarkan pentingnya hidup rukun, “pikirkan masa depan” ujar Kakanwil.

Kakanwil menghimbau kepada semua umat beragama, agar dapat saling rukun, jika ada gejala yang dapat memperkeruh situasi, hendaknya segera diselesaikan.

Kegiatan yang diikuti para tokoh agama lintas agama se Kabupaten Paser dan ASN Kankemenag Paser dengan materi disampaikan panel menghadirkan narasumber Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim Asmuni Alie, Kodim Kab upaten Paser, Kejaksaan Negeri dan Kakankemenag Paser Mohlis.

Usai pemaparan dilaksanakan dialog dan tanya jawab peserta yang langsung ditujukan kepada narasumber tertentu. (rd)


Baca Juga

Minggu, 08 Juli 2018 | 08:32

Kemenag Berau Laksanakan Dialog Lintas Agama


Minggu, 08 Juli 2018 | 08:32

Sosialisasi Produk Hukum di Kemenag PPU


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi