Kakanwil : Jamaah Haji Jangan Ambil Keputusan Sendiri

Minggu, 08 Juli 2018 | 09:17       Dibaca 34 kali

Kakanwil Sofyan Noor, Narasumber Manasik Haji se Kota Balikpapan Tahun 2018

Balikpapan (Inmas-Kwl) – Dalam melaksanakan ibadah haji hendaknya agar dapat meninggalkan jika mempunyai kebiasaan negatif selagi berada ditanah air atau dikampung halaman, jangan egois, prasangka buruk dalam berbagai hal dalam kehidupan.

Karena prasangka buruk itu adalah merupakan penyakit hati seseorang yang tidak dia sadari ada pada dalam dirinya.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor, saat menjadi narasumber manasik haji bagi jamaah haji se Kota Balikpapan di Asrama Haji Balikpapan , Sabtu(7/7).

Bagi jamaah haji yang harus dilakukan adalah saling bekerjasama, saling membantu dan pengertian, baik sesama jamaah haji.

Kepada para petugas, seperti ketua regu, ketua rombongan, tim kesehatan, ketua kloter dan pembimbing ibadah, untuk dapat ditaati terhadap keputusan dan arahannya, karena mereka yang bertanggung jawab dan banyak mengetahui situasi terkini apa yang harus dilakukan.

Kalau ada persoalan hendaknya selalu berkonsultasi kepada para petugas, jangan malu bertanya, “ jamaah haji jangan mengambil keputusan sendiri “ apa yang sudah di arahkan oleh petugas, tegas Kakanwil.

Kakanwil berharap agar jamaah haji hendaklah mengutamakan ibadah, dapat mengatur waktu jika ingin melakukan kegiatan lainnya dan untuk dapat menjaga kesehatan guna kelancaran melaksanakan ibadah selama ditanah suci

Untuk menjadi dan menjaga kemabruran haji, sepulangnya dari tanah suci, hendaknya dapat meningkatkan ibadah dan tidak berprasangka negatif kepada siapapun juga, tambahnya.

 Terakhir diharapkan oleh Kakanwil kepada semua jamaah dan aparaturnya pada Kankemenag Kota Balikpapan, untuk agar dapat menyiapkan segala sesuatunya degan baik, seperti dokumen jamaah, pemeriksaan kesehatan dan ketentuan lainnya agar sesuai ketentuan yang berlaku.

Mendampingi Kakanwil, Kepala Kankemenag Kota Balikpapan Hakimin dan Kasi Penyelenggara Haji Shaleh. Kegiatan ini diikuti 532 jamaah haji dilaksanakan selama 2 hari dengan materi tentang kesehatan, penerbangan juga tatacara ibadah dan praktek.

Jamaah haji asal kota Balikpapan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi Balikpapan, akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 27 Juli 2018. (rd)