130 Calhaj PPU Ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Senin, 09 Juli 2018 | 10:56       Dibaca 57 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten untuk jemaah calon haji, Senin (9/7) di gedung aula Kantor Kemenag Penajam Paser Utara

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara H. Maslekhan, Kepala Kantor Kemenag Paser H. Mohlis, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Usep Suciadi, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Mudmainnah asal Penajam Paser Utara, dan Jamaah Calon Haji.

Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara H. Maslekhan dalam sambutannya mengatakan bimbingan manasik ini untuk memberi bekal kepada para jemaah calon haji agar dalam pelaksanaan ibadah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah kelahiran mendapatkan predikat haji yang mambrur.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Penajam Paser Utara H. Maslekhan yang juga sebagai Tim Petugas Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) rangkaian bimbingan manasik haji adalah sebagai pembelajaran, bimbingan kepada calon jemaah haji. "Bimbingan ini merupakan persiapan ke tanah suci agar saat kembali ke tanah air menjadi haji mabrur,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan agar calon jemaah haji harus benar-benar mepersiapkan diri secara lahir dan batin serta fisik harus prima. Karena di Makkah sebagaimana informasi yang diperoleh suhu di Tanah Suci diperkirakan mencapai 53 derajat. Karenanya kesehatan fisik calon haji harus selalu dijaga dan diperhatikan.

Ketua panitia H. Usep Suciadi melaporkan sebanyak 130 JCH asal Kabupaten Penajam Paser Utara mengikuti kegiatan manasik haji tingkat kabupaten. Menurut H. Usep sebelumnya sudah dilakukan manasik haji tingkat kecamatan yang dilaksanakan dimasing-masing KUA kecamatan.

Selain itu kegiatan manasik ini merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatan kualitas pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji bagi jama’ah calon haji kabupaten Penajam Paser Utara.

H. Mohlis yang juga Kepala Kantor Kemenag Kab. Paser bertepatan tahun ini menjadi Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) atau ketua kloter 10 menjadi pemateri dalam kegiatan manasik tersebut. Kloter 10 adalah jamaah calon haji gabungan dari Kab. PPU, Paser, Samarinda, dan Balikpapan yang berjumlah 450 orang jamaah. (basz).