Kakanwil : Mengelola Benda Wakaf Adalah Amanah

Selasa, 10 Juli 2018 | 22:09       Dibaca 25 kali

Pembukaan Pembinaan PPAIW dan Nazhir Se Kota Balikpapan

Balikpapan (Inmas-Kwl) – Mengelola benda wakaf merupakan amanah yang harus laksanakan, pengelolaan itu salah satunya adalah pengamanan aset semua benda wakaf yang telah diserahkan oleh masyarakat.

Ungkapan itu diutarakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor pada pembukaan pembinaan PPAIW dan Nadzir se Kota Balikpapan di hotel Platinum Balikpapan (10/7).

Kakanwil menegaskan “ mengelola benda wakaf adalah amanah” serta diharapkan setiap yang mempunyai tugas dalam mengelola benda wakaf hendaknya selalu berupaya untuk mengamankan, memelihara dan mengembangkannya dengan tujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan umat.

Jika ada yang bermasalah, agar dapat dipikirkan dengan sebaik-baiknya, berpikir lurus dan selesaikan secara kekeluargaan, sebagai pengelola jangan sampai terlibat dalam penyelahgunaan harta benda wakaf, karenanya bersungguh-sungguhlah dalam melaksanakan tugas ini, pintanya.

Orang nomor satu di Kementerian Agama Kalimantan Timur ini, memberikan arahan beberapa tahapan dalam pengelolaan benda wakaf. Pertama agar dapat memastikan wakaf dari masyarakat benar-benar tidak bermasalah, dalam hal ini tidak sengketa.

Kedua, pastikan semua bukti-bukti lengkap, seperti adanya bukti kepemilikan, berkas hibah maupun bukti penyerahan, jika tidak jelas bisa jadi pihak kita yang digugat atau bukti lengkap tetapi lahan nya tidak ada, karenanya ketelitian harus dilakukan.

Ketiga, pastikan berkas sudah lengkap kebenarannya, selanjutnya dapat dilimpahkan proses ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Keempat, untuk dapat memastikan semua aset dalam posisi aman.

Kakanwil juga meminta semua pihak dapat bekerjasama dengan baik dan sungguh-sungguh dalam pengelolaan benda wakaf ini sehingga permasalahan-permasalah benda wakaf dapat terselesaikan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, dihadiri para nazhir, operator SIWAK, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kota Balikpapan.

Hadir pada kegiatan ini, Kabid Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kaltim Nabhan, Kepala Kankemenag Kota Balikpapan Hakimin dan para Kepala Seksi pada Bidang BImas Islam. (rd)


Baca Juga

Selasa, 10 Juli 2018 | 22:09

Samarinda Tinggi Hilal 6 Derajat Lebih


Selasa, 10 Juli 2018 | 22:09

Kemenag Paser Buka Puasa Bersama


Berita Terpopuler