Tas Haji Kubar Mulai Didistribusikan Hari Ini

Rabu, 11 Juli 2018 | 08:40       Dibaca 35 kali

Jajaran pegawai kantor Kemenag Kubar saat memberikan penandaan indentitas koper jamaah calon haji

Kutai Barat (Inmas) - Koper jamaah calon haji Kutai Barat siap didistribusikan mulai hari ini (11/7). Keterangan ini disampaikan staf PHU kantor Kementerian agama Kabupaten Kutai Barat Muhammad Rapik, S.HI.

Beliau menambahkan, rencananya tas ini akan didistribusikan saat kegiatan bimbingan manasik tingkat kabupaten Kutai Barat. Berhubung masih ada yang harus dilengkapi dengan pemberian indentitas pada tas bagasi, akibatnya tas baru distribusikan mulai hari ini (11/7), terangnya.

Selain tas bagasi, dibagikan juga tas tenteng dan tas paspor. Sesuai ketentuan yang berlaku, di harapkan jamaah tidak mengisi tas bagasi melebihi batas maksimum sebanyak 32 Kg.

Seperti kabar yang pernah terjadi sebelumnya, ada sebagian jamaah calon haji harus membawa beras ataupun bahan makanan lainnya dari tanah air. Hal ini tidak perlu terjadi lagi mengingat pemerintah telah menyediakan 75 kali makan selama  kegiatan ibadah haji. Ungkapan ini pernah di sampaikan kepala kantor Kementerian agama kabupaten Kutai Barat H.Muhammad Isnaini, S.Ag,M.Pd saat memberikan materi pada kegiatan bimbingan manasik haji.

Selanjutnya Muhammad Rapik, mengingatkan tas bagasi yang telah didisribusikan di harapkan bisa di kumpulkan kembali tanggal 28 Juli 2018 nanti. Berdasar jadwal, jamaah calon haji Kutai Barat mulai di berangkatkan tanggal 29 Juli 2018 dari Kutai Barat, karena pada esok harinya,(30/7) jamaah harus masuk asrama embarkasi haji di Balikpapan di sore hari. Berikut tanggal 31 Juli jamaah segera diterbangkan menuju Jedah Arab Saudi sebagai jamaah kloter empat gelombang dua.

Berdasar kesepakatan berdasama, jamaah dalam perjalanannya menuju embarkasi Balikpapan terlebih dahulu menggunakan kapal motor dari Kutai Barat menuju Kota Samarinda. Sampai di tempat ini mereka kembali melanjutkan perjalanan menuju embarkasi Balikpapan dengan menggunakan angkutan darat/bus. (ed)