Kemenag Pimpin Do'a Rakorda KKBPK Kota Bontang

Kamis, 12 Juli 2018 | 12:59       Dibaca 48 kali

Pembacaan do'a yang dipimpin oleh Penyelenggara Syariah Kemenag Bontang

Bontang (inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang yang diwakili oleh Penyelenggara Syariah, H Yarkani, Rabu (11/7) kemarin menghadiri sekaligus bertugas memimpin pembacaan do’a acara Rapat Koordinasi (Rakoor) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan tingkat kota di Auditorium Taman 3D Eks Kantor Walikota Lama, Jalan Awang Long Bontang Baru. Selain itu hadir juga Kepala KUA Bontang Barat, H Hartono, Perwakilan KUA Bontang Selatan, Jhony AR, dan Pengawas Fungsional PAI, Hj Norhidayah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kota Bontang ini mengusung tema 'Mewujudkan Bontang JAGO Perkuat Empat Pilar KKBPK yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan, Pengaturan Kelahiran, Peningkatan Ketahanan Keluarga dan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga dengan Integrasi Program Kampung KB'.

Hadir sebagai nara sumber dalam rakoor kali ini adalah Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim, Drs. Eli Kusnaeli M, M. Pd. Turut hadir pula Plt. Kepala Dinkes-KB Kota Bontang, Bahauddin, beserta perwakilan dari dinas, instansi, dan lembaga terkait lainnya.

Dalam sambutannya Bahauddin mengangkat masalah maraknya pernikahan usia dini yang sangat berisiko untuk pembinaan rumah tangga kedepannya. Menurutnya usia muda sangat rentan akan kesehatan reproduksinya terhadap penyakit kanker. Ditambahkannya pernikahan dini akan memperbesar resiko banyak anak dan rapatnya jarak kelahiran dikarenakan kurangnya pengetahuan terhadap pembinaan rumah tangga.

"Fungsi Keluarga Berencana saat ini dikemas berbeda melaui program Kampung KB dengan tetap mengutamakan delapan fungsi keluarga sebagai pedoman pelaksanaannya. Diantaranya adalah fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan," Terangnya.

"Saat ini di Bontang sudah terdapat empat kampung KB, dimana dua diantaranya berada di Kecamatan Bontang Selatan. Kedepan kita upayakan di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Bontang bisa memiliki minimal 2 kampung KB. Tujuannya adalah untuk mengupayakan pemberdayaan kampung lainnya yang ada disekitarnya," Pungkasnya. (scl)


Baca Juga

Kamis, 12 Juli 2018 | 12:59

Kemenag Bontang Hadiri Pertemuan Kader PUSPA


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi