Keselamatan Penerbangan Hal Penting Bagi JCH

Kamis, 12 Juli 2018 | 20:49       Dibaca 45 kali


Kutai Timur (Inmas). Pemberian informasi kepada para jama’ah calon haji merupakan hal yang harus diberikan kepada para jama’ah haji yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci. Baik terkait pelaksanaan ibadah, kesehatan maupun hal-hal yang menyangkut keselamatan dalam perjalanannya.

Karena itu, dalam kesempatan kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan yang bertempat di Hotel Mesfa, Sangatta. Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur memberikan penjelasan akan tentang pentingnya keselamatan penerbangan dan transportasi bagi jama’ah haji, yang disampaikan oleh Mega Pujiastuti, Kasi Penyelamatan Penerbangan Dinas Perhubungan, Rabu (11/07).

Di depan jama’ah calon haji yang hadir pada bimbingan manasik haji, Mega Pujiastuti menyampaikan bahwa masalah keselamatan dan kenyamanan jama’ah haji selama penerbangan dari tanah air menuju bandara international di Arab Saudi menjadi perhatian serius.

Namun, “kelancaran penerbangan juga tidak terlepas peran jamaah haji terlebih untuk penerbangan internasional yang mengutamakan keselamatan. Aturan yang berlaku benar-benar diperhatikan jamaah seperti dilarang membawa benda berhaya seperti gas, atau benda cair yang melebihi ketentuan sebaiknya benar-benar ditaati karena apabila masih melanggar kemungkinan besar koper akan dibongkar sehingga berdampak terhadap keterlambatan pemberangkatan pesawat”.

Secara khusus, wanita yang aktif di sektor penerbangan Kutai Timur ini, “tas tenteng yang bisa masuk kabin beratnya maksimal 7 Kg sedangkan koper besar maksimal 32 Kg sudah termasuk berat koper. Terkait benda cair seperti sabun cair, parfum tidak melebihi 100 ml dan dimasukan dalam plastik”. Jelasnya.

Secara umum dalam setiap penerbangan, baik untuk perjalanan ibadah haji dan umrah ataupun perjalanan biasa, ada etika yang harus diperhatikan dan harus dipatuhi oleh penumpang. Hal di atas merupakan keadaan umum yang biasa dijumpai dalam penerbangan. (fds)


Baca Juga

Kamis, 12 Juli 2018 | 20:49

Pindah Tugas, Kepala KUA Rantau Pulung Pamit


Kamis, 12 Juli 2018 | 20:49

177 Jamhaj Kutim Kembali Dengan Selamat


Berita Terpopuler

Jumat, 02 November 2018 | 09:43

Karyawan/Karyawati Laksanakan Senam Bersama