H-7 CJH Paser Ikuti Praktek Manasik Haji Massal

Rabu, 01 Agustus 2018 | 05:57       Dibaca 217 kali


Paser (Inmas)- Menjelang Pemberangkatan H-7 Calon Jemaah Haji Kabupaten Paser, Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Paser melaksanakan praktek manasik haji massal di halaman Kantor Bupati Paser Jl. RM Noto Soenardi Tanah Grogot, selasa (31/7).

Dalam pantauan humas kemenag paser, Sekitar pukul 10.00 wita dari 249 calon jamaah haji (CJH) asal paser saat mengikuti praktek manasik haji, dengan kondisi sinar matahari yang mulai terasa panas mengakibatkan 1 orang jatuh pingsan.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, PHU Kantor Kemenag Paser H. Khairani mengatakan calon jamaah yang pingsan diduga kelelahan karena praktik manasik berlangsung agak siang dan alhamdulillah Peserta yang pingsan langsung ditolong oleh petugas kloter tenaga kesehatan yang sudah siaga di sekitar lokasi kegiatan," kata H. Khairani menjelaskan.

Lebih lanjut dikatakannya,  Kegiatan praktek manasik haji terakhir hari ini seperti thawaf, sa’i, melontar jumrah berhenti di Musdalifah, dan di Mina., adaun pembimbing praktek manasik yang terbagi dalam lima rombongan diantaranya rombongan satu H. Maslekhan (Petugas Kloter TPIHI 1439H) dengan Ishak (TPHD)., rombongan dua H. Yasser Arafat (KUA T.Grogot) dengan H.Abdurrahman,S.Ag., rombongan tiga H. Ramlan dan H. Khairani., rombongan keempat H. Sabri dan Ardiansyah,S.Sos.I., dan rombongan kelima H. Yunus Karim dan H. Haidir (TPHD)   ini merupakan akhir dari semua rangkaian manasik haji yang digelar PHU Kemenag Paser., para calhaj Paser hari ini dan in syaa Allah pada pukul 14.00 wita akan dilaksanakan pelepasan secara langsung oleh Bupati Paser.

Sementara itu, H. Mohlis selaku petugas kloter TPHI saat ditemui dilokasi kegiatan manasik (31/7) mengatakan, alhamdulillah delapan kali kegiatan manasik haji telah dilaksanakan oleh KUA di kecamatan masing-masing dan mudah-mudahan kegiatan hari ini para calhaj kab. Paser tambah memahami rangkaian tata cara manasik haji sehingga pada saat melaksanakan ibadah haji nantinya dapat memenuhi syarat, rukun dan wajib haji seperti yang ditentukan dan para calhaj kita mudah-mudahan bisa menjadi haji yang mandiri,”pungkasnya.


Baca Juga

Rabu, 01 Agustus 2018 | 05:57

Pengambilan Koper Jamaah Haji Kabupaten Paser


Rabu, 01 Agustus 2018 | 05:57

Jamaah Haji Kabupaten Paser Tiba di Tanah Grogot


Berita Terpopuler

Selasa, 04 September 2018 | 08:53

Jum’at Berkah MAN Balikpapan Peduli dan Berbagi


Kamis, 06 September 2018 | 08:14

Penyerahan SK Mutasi