Kunjungi Pasar Kakiya, JCH Kutim Lihat Aktivitas Dam Haji

Kamis, 09 Agustus 2018 | 22:43       Dibaca 27 kali


Kutai Timur (Inmas). Selain mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Mekkah pada Senin (06/08). Jama’ah calon haji asal Kab. Kutai Timur berkesempatan mengunjungi pasar Kakiya, tempat dimana pemotongan hewan kurban dilakukan, dengan jarak dari pemondokan sekitar 20 km di wilayah sektor 5, Aziziah.

Dilaporkan dari ketua Kloter 4 Embarkasi Haji Balikpapan tempat dimana kelompok jama’ah haji Kutai Timur berada, Rusdian Noor bahwa “pada sabtu lalu jama’ah haji kloter 4 sudah melakukan pembayaran Dam, kemudian dari pembayaran tersebut di ganti dengan penyembelihan hewan kurban”.

“Dan pada hari ini jama’ah haji kita dapat berkesempatan melihat langsung proses penyembelihan hewan kurban di Pasar Kakiya. Pada saat prosesnya, hewan yang menjadi kurban adalah kambing. Pada saat diturunkan dari truck, tampak tenang kambing yang akan di sembelih untuk menjadi kurban”. Ungkapnya.

Usai disembelih, daging dar hewan kurban langsung disumbangkan ke sejumlah negara-negara Muslim yang rakyatnya membutuhkan, semua pengiriman di tanggung oleh pemerintah Arab Saudi. Tambah H. Haydar, salah satu warga Indonesia yang mukim di Mekkah dan mendampingi jama’ah haji.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini sendiri merupakan berasal dari pembayaran Dam yang dilaksanakan oleh sebagian besar jama’ah haji Indonesia. Karena jama’ah haji Indonesia pada umumnya melakukan ibadah haji melaksanakan Haji Tamattu’, dan melaksanakannya tersebut harus membayar Dam wajib. (fds)