Kemenag Kutim Adakan Rakor Peningkatan Kualitas Guru

Kamis, 09 Agustus 2018 | 22:44       Dibaca 17 kali


Kutai Timur (Inmas). Dalam rangka upaya peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan sebagi bentuk untuk kemajuan mutu pendidikan di Madrasah. Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur melalui Seksi Pendidikan Islam pada Selasa (07/08) melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertempat di Q Hotel, Kompleks Thomas Square, Sangatta.

Kegiatan yang dihadiri oleh 30 orang guru dan tenaga kependidikan sebagai peserta tersebut tak lain merupakan upaya untuk memajukan dan meningkatkan kualitas para pengajar di beberapa madrasah yang tak lepas dari sumber daya manusia yang ada.

Kepala Kantor Kemenag, H. Ambotang yang hadir pada rapat koordinasi sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa “dasar utama pengelolaan pendidikan adalah sumber daya manusia itu sendiri yang di dalamnya mencakup guru dan tenaga kependidikan. Dimana terdapat korelasi positif diantara keduanya”.

“Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi para guru dan tenaga kependidikan di Indonesia. Guru yang profesional sendiri memiliki kapasitas keilmuan yang mendalam, namun di era modern seperti saat ini, para guru juga dituntut untuk tidak ketinggalan zaman dalam metode mengajarnya dan harus memahami akan ilmu teknologi”.

“Karenanya, mari bersama-sama untuk membangun peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi guru dan tenaga kependidikan yang bertugas di madrasah dan hal ini harus ditanggapi serius karena ini akan berpengaruh langsung terhadap kualitas pendidikan di madrasah”. Jelasnya.

Rapat koordinasi ini sendiri memberikan penjelasan terkait implementasi Kurikulum 2013 dan perubahan mindset dan rasionalisasinya. Kemudian dilanjutkan dengan fokus terhadap strategi peningkatan kualitas dan kompetensi guru. (fds)