OSIS MAN Balikpapan Berpartisipasi Lestarikan Cagar Budaya

Selasa, 25 September 2018 | 13:52       Dibaca 128 kali

Foto OSIS MAN Balikpapan Kerja Bakti Pembersihan Makam Cagar Budaya

Balikapapan ( Madrasah ). Alhamdulillah Sabtu, (22/9) kemarin, OSIS Madrasah Aliyah Balikpapan melakukan kerja bakti sosial di Pemakaman Pengeran Adji Kemala bin Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Letaknya di Jalan Pelayaran, Bukit Kemendhur, Kota Balikpapan. Kerja bakti dalam bentuk bersih-bersih itu bertujuan mengenal Cagar Budaya yang ada di Balikpapan.

Sebanyak 18 siswa-siswi, mengawali kerja bakti dengan doa yang dipimpin Mujafar Husen Waka Kesiswaan MAN Balikpapan dan didampingi Ibu Fitriah, S.Pd. Bersih-bersih dilaksanakan selain di tempat pemakaman, juga jalan menuju pemakaman, belakang pemakaman dan bunker yang letaknya tidak terlalu jauh dari pemakaman.

Setelah itu kita pergi menuju ke daerah bungker, di sana terdapat sebuah tempat bentuknya seperti kandang tapi menjulang tinggi ke atas dan di dalam bunker tersebut terdapat sebuah meja dengan tinggi bungker sekitar 155 cm,  dulu bangker tersebut digunakan oleh tentara atau pejuang Indonesia untuk bersembunyi dari kejaran tentara Jepang.

Juru kunci atau penjaga pemakaman Bapak Suroto.  Bapak Suroto ini menjaga pemakaman tersebut sudah cukup lama yaitu dari tahun 2009-sekarang. Alasan Bapak ini menjaga pemakaman karena ingin melestarikan Cagar Budaya tersebut dan pekerjaan ini merupakan turunan dari orangtuanya yang pertama dari Kutai Katanegara meminta buat menjaganya sehingga sampai keturunan sekarang  yaitu Bapak Suroto.

Harapan dari Bapak. Suroto dengan berlangsungnya kegiatan ini supaya kita mengenal Cagar Budaya yang ada di Balikpapan ini dan melestarikannya agar Cagar Budaya tersebut tidak punah.

Sebagai generasi penerus kita wajib memelihara, melestarikan Cagar Budaya khususnya yang ada di Balikpapan.(nr).

 


Baca Juga

Selasa, 25 September 2018 | 13:52

Temu Akhir Assesor Akreditasi di MTsN Kutai Timur


Selasa, 25 September 2018 | 13:52

MTsN Kutai Timur Juara I Gemilang Tingkat Kabupaten


Berita Terpopuler

Kamis, 06 Desember 2018 | 10:30

Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin


Rabu, 12 Desember 2018 | 11:54

Kepala Kemenag Berau Buka PKSM MAN Berau


Jumat, 07 Desember 2018 | 17:03

Shalat Jumat Perdana Penggunaan Masjid Al Husna