Seksi Bimas Islam Kemenag PPU Serahkan Plang KUA Kecamatan

Jumat, 12 Oktober 2018 | 14:31       Dibaca 61 kali


Penajam Paser Utara (Inmas). Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara melaksanakan supervisi ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kab. Penajam Paser Utara. Kegiatan yang dimulai pada hari Rabu s/d Kamis 10–11 Oktober 2018 diawali dari KUA Kecamatan Penajam, Waru, dan Babulu, terakhir di KUA Kecamatan Sepaku. Hadir dalam supervisi ini Kasi Bimas Islam H. Tahmid, S.Ag beserta dua orang staf H. Arifuddin, S.Ag dan Hj.Nahriyah Noor.

Sesuai dengan Tusi Bimas Islam, pelaksanaan supervisi yang rutin dilakukan setiap Triwulan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelayanan Nikah Rujuk (NR) dan operasional di KUA Kecamatan. Sebagai ujung tombak Kementerian Agama KUA senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik dan maksimal (excellent service) kepada masyarakat.

Kegiatan supervisi selain bertujuan meningkatkan pengawasan, juga dimaksudkan untuk melakukan pembinaan kepada petugas pencatatan nikah rujuk dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus merupakan tolak ukur pembangunan zona integritas.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Bimas H. Tahmid dan Kepala KUA Kecamatan Sepaku Joko Warsito yang baru menempati pos barunya ini sekira dua bulan, banyak berdiskusi tentang pelayanan dan sejumlah hambatan dalam pelayanan pencatatan pernikahan KUA di kecamatan tersebut. Joko Warsito mengaku beberapa bulan disini telah melakukan pembenahan administrasi/arsip data KUA Sepaku.

Adapun indikator yang di monitor pada KUA tahun 2018 ini, adalah penerimaan PNBP, peristiwa nikah, pencatatan nikah rujuk (NR) dan laporan bulanan, stok buku NR, pencatatan buku kas KUA, pencatatan pendistribusian buku nikah, data pegawai, profil KUA dan penataan arsip, papan data dan struktur KUA, kondisi sarana dan prasarana pelayanan.

Pada supervisi itu diserahkan pula masing-masing satu buah plang papan nama KUA Kecamatan Sepaku dan Babulu. Diharapkan setelah diadakan pembinaan dan monitor pada KUA pelayanan akan lebih baik dan maksimal.(basz)