Bimbingan Manasik Haji MTs Al Ikhlas Bontang

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 16:41       Dibaca 50 kali

Siswa MTs Al Ikhlas yang mengikuti Bimbingan Manasik Haji tahun ini

Bontang (Inmas)- Dalam rangka melanjutkan program tahunan yang sudah terlaksana di tahun-tahun sebelumnya, MTs Al-Ikhlas Bontang kembali menggelar kegiatan bimbingan manasik haji, Sabtu (13/10) pagi tadi. Kegiatan yang tetap dipusatkan di halaman MTs Al-Ikhlas dan halaman Kantor Kemenag sebagai ajang menambah wawasan serta pengembangan diri para siswa-siswi, khususnya terkait tata cara ibadah dari rukun Islam yang kelima tersebut.

Diikuti seluruh siswa-siswi dari kelas X-XII, dalam manasik haji ini juga turut melibatkan semua guru MTs sebagai pendamping, serta dibimbing langsung oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bontang, Ali Mustofa. Dalam pelaksanaannya, para murid dan guru juga mengenakan pakaian ihram berwarna putih, dan barisannya dibagi menjadi beberapa rombongan agar lebih tertib dan rapi.

"Jika teorinya sudah diberikan saat di kelas, maka pelaksanaan manasik ini kami gelar agar para siswa bisa langsung mempraktekkan ilmu yang mereka sudah dapat tadi," kata Kepala MTs Al-Ikhlas, Parmono.

Melalui bimbingan, ratusan siswa MTs ini tampak mempraktekkan seluruh tahapan pelaksanaan haji. Mulai dari start dari hotel, kemudian wukuf di Arafah, berjalan menuju Musdalifah, bermalam di Mina, melempar jumrah aqabah, kembali ke pemondokan di Mina, melempar jamarat ula wusta aqabah pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah, kembali ke hotel tempat menginap, dan terakhir melakukan tawaf dan sai.

"Semoga anak-anak kami di MTs bisa memahami dan menghayati setiap ilmu yang kami berikan. Sehingga ketika mereka kelak ada yang benar-benar berangkat haji, manasik ini bisa menjadi pengalaman bagi mereka. Kami juga berharap, manasik seperti ini bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lain, sehingga memberikan edukasi bagi para pelajar tentang ibadah haji," tambah Ali Mustofa. (scl)