Kakanwil Buka Orientasi Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji

Kamis, 18 Oktober 2018 | 06:52       Dibaca 59 kali


Balikpapan (Inmas-Kwl) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor membuka orientasi penyiapan bimbingan manasik dan perjalanan haji di aula kantor UPT asrama haji Balikpapan, Selasa (16/10).

Kegiatan selama tiga hari ini diikuti para kepala seksi penyelenggara haji kemenag kabupaten/kota, dari penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK), penyeleggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) juga dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Terimakasih disampaikan Kakanwil kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, khususnya di embarkasi Balikpapan.

Kakanwil meminta dalam menentukan atau menunjuk seorang narasumber atau instruktur manasik haji khusus materi ibadah haji, haruslah orang yang benar-benar memahami ilmu agama secara  komprehensif.

Orang yang dapat memastikan rangkaian ibadah yang dilakukan jamaahnya sudah sesuai dengan ajaran agama, yang tujuannya jamaah merasa nyaman dan tidak ragu dalam beribadah, tambahnya.

Juga dalam pembahasan agar ada pembagian atau fase setiap materi disampaikan sampai tuntas oleh satu orang narasumber saja, mulai jamaah berangkat dari rumah, sampai di asrama haji, di perjalanan, di mekkah sampai dengan kembali ke rumah. Itu harus jelas orang yang menyampaikan, terangnya.

Kakanwil menekankan, dalam melaksanakan manasik hendaknnya menyesuaikan dengan budaya masyarakat, gunakan bahasa rakyat, selalu memberi motivasi untuk jamaah rajin beribadah.

Karena haji adalah ibadah untuk menyempurnakan segala ibadah lainnya, maka tanamkanlah niat pekerjaan ini adalah untuk membantu dan melayani masyarakat, jangan ada pikiran untuk mencari keuntungan pribadi atau lahan bisnis, tegas Kakanwil.

Kedepan penyelenggaraan haji selalu berinovasi dalam berbagai layanan mulai dari tingkat pusat, karenanya kita semua di daerah hendaknya menyesuaikan dengan harapan pelayanan kepada jamaah semakin meningkat.

Mendampingi Kakanwil, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Khaliq, Kakankemenag Balikpapan Hakimin dan dihadiri sejumlah Kepala Seksi pada bidang PHU. (rd)