Kemenag PPU Sosialisasi Perhajian Bagi Calhaj PPU Tahun 2019

Kamis, 25 Oktober 2018 | 07:29       Dibaca 54 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kab.Penajam Paser Utara melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) gelar kegiatan Sosialisasi Perhajian Persiapan Musim Haji Tahun 1440 H/2019 M berlangsung di aula kantor Kementerian Agama Kab. Penajam Paser Utara, Rabu (24/10).

Kasi PHU H. Usep Suciadi mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemantapan dasar tentang tata cara manasik haji sebelum calhaj mengikuti manasik haji baik yang dilaksanakan ditingkat kabupaten maupun di kecamatan. Selain itu dapat mempersiapkan diri seperti tentang pembuatan paspor, kesehatan haji, biaya pelunasan dan lainnya.

Sosialisasi ini juga sebagai bentuk untuk menjalin silaturrahim antara calon haji dengan Kantor Kementerian Agama Penajam Paser Utara dan antara sesama calon haji agar dapat mengenal satu sama lainnya sejak dini. Selanjutnya dapat memudahkan bagi kantor Kemenag PPU untuk mendata bapak dan ibu sebagai calon haji Kab.PPU tahun 2019.

Kepala Kantor Kemenag PPU Drs. H. Maslekhan saat memberikan sambutan dan arahan sekaligus menyampaikan materi pada sosialisasi ini banyak memberikan informasi terkini terkait kondisi pasca musim haji tahun 1439 H/2018 M. Ia menegaskan sosialisasi tersebut untuk memberikan informasi lebih awal bagi calhaj yang masuk estimasi keberangkatan haji tahun 2019.
Kepala Kemenag yang pada musim haji tahun 2018 ini menjadi petugas pembimbing ibadah haji mengakatakan sangat apresiasi kepada Seksi PHU yang telah melaksanakan lebih awal kegiatan sosialisasi perhajian yang disampaikan kepada calhaj tahun 2019.

Kebijakan pemerintah tentang perhajian dalam hal ini Kementerian Agama semakin tahun semakin banyak inovasi-inovasi yang diberikan dan pelayanan kepada jamaah haji. Seperti salah satu inovasi tahun 2018 berupa pelayanan konsumsi/makan sebanyak 40 kali. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya 20 dan 25 kali, ungkap kepala kantor.

Kebijakan pemerintah lainnya adalah memberikan pelayanan mulai sejak keberangkatan dari tanah air hingga tiba di Arab Saudi dan sebaliknya serta pelaksanaan ibadah haji di Mekkah dan di Madinah. Pelayanan lainnya termasuk pembinaan terhadap calon haji adalah berupa manasik yang dilaksanakan ditingkat kabupaten dan ditingkat kecamatan.

Sosialisasi perhajian diikuti estimasi jamaah calon haji Kab. PPU sebanyak 128 orang dengan rincian dari Kecamatan Penajam sebanyak 84 orang, Kecamatan Waru 7 orang, Kecamatan Babulu 31 orang, dan Kecamatan Sepaku 6 orang. Panitia menghadirkan tiga narasumber masing-masing berasal dari kantor kemenag PPU, dinas kesehatan PPU, dan kantor imigrasi kelas 1 Balikpapan.

Diketahui peserta sosialisai perhajian ini telah mendaftar hajinya sejak tahun 2010 jadi sekitar delapan tahun mengantri hingga bisa diberangkatkan pada tahun 2019 mendatang. (basz)