Kabid PAKIS : Santri  Pegang Teguh Dasadharma Pramuka

Kamis, 25 Oktober 2018 | 20:37       Dibaca 71 kali

Kabid PAKIS Samudi (4 dari kanan) pada PPSN V 2018

Jambi (Inmas-Kwl) – Kalimantan Timur mengirimkan lima regu dalam gelaran Perkemahan Pramuka  Santri Nusantara (PPSN) V Tahun 2018 di Provinsi Jambi.

Acara dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Bumi Perkemahan (Buper) Abdurrahman Sayoeti - Musa Sungai Gelam, Muaro Jambi, Kamis (25/10).

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Kemenag Kaltim Samudi ditemui di Buper, mengatakan, Alhamdulillah Kaltim tahun ini dapat mengirimkan lima regu yang terdiri dari 3 regu putra dan 2 regu putri.

Kelima regu itu berasal dari pondok pesantren Al Arsyadi regu putra dan putri, pondok pesantren Nabil Husen Samarinda regu putra dan putri dan pondok pesantren As Syifa Balikpapan regu putra, jelasnya.

Samudi berharap dengan kegiatan ini para santri dapat saling bersilaturrahmi baik sesama santri Kaltim juga kepada santri dari provinsi lain.

Selain itu adalah para santri pramuka Kaltim dapat memperdalam dan mengamalkan dasadharma pramuka dalam kehidupan kesehariannya dan lebih luas dalam berbangsa dan negara, “santri  pegang teguh dasadharma pramuka”, ujarnya.

Diharapkan para santri yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi para santri lain di pondok pesantrennya masing-masing, yang intinya adalah dapat menjadi seorang santri yang berguna bagi orang lain.

Juga setelah mereka menjadi alumni pada masa mendatang, tetap dapat menerapkan ilmu kepramukaan ini dalam mengarungi kehidupan mereka.

Semoga pada PPSN berikutnya Kaltim dapat kembali mengirimkan peserta lebih banyak dari tahun ini, terima kasih atas partisipasi semua pihak, pungkasnya.

Dalam PPSN V Tahun 2018 diadakan kegiatan: upacara, pembinaan mental spiritual (salat berjamaah,  kultum,  salat malam,  dan muhasabah,  tadarus alquran), teknik kepramukaan dan team building (out bound,  tata rias,  pppk,  mencari jejak),  iptek (sablon dan cetak,  jurnalistik,  reportase, dan  bordir).

Juga ada kesakaan (bahari,  kalpataru,  pariwisata,  kencana,  taruna,  wanabakfi),  petualangan (sar air,  resque), pengembangan wawasan,  keterampilan,  seni budaya,  prestasi,  dan bakti (santri peduli lingkungan).

PPSN V digelar tanggal 24-30 Oktober ini, dalam laporan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin kegiatan pembukaan ini dihadiri lebih dari limaribu orang dan diikuti sebanyak 3.992 peserta. (rd)


Baca Juga

Kamis, 25 Oktober 2018 | 20:37

PPSN V di Jambi, Kaltim Kirim 5 Regu


Kamis, 25 Oktober 2018 | 20:37

Kasi Pendis Beri Arahan Peserta Kemah ROHIS


Berita Terpopuler

Kamis, 03 Januari 2019 | 13:54

Upacara HAB Ke-73 Tahun 2019


Jumat, 04 Januari 2019 | 14:28

Rapat Koordinasi Kepala KUA se - Kabupaten Berau