Peserta Lalui beberapa Tahapan Sebelum CAT SKD

Senin, 05 November 2018 | 15:47       Dibaca 190 kali


Samarinda (inmas – kwl). Sebanyak 1.590 orang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) tes SKD dilaksanakan di Kantor Wilayah Kemenkumham Jl. MT Rariyono Samarinda.

Sebelum proses CAT terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh peserta. Karenanya peserta diminta dua jam sebelum pelaksanaan CAT sudah berada di tempat.

Pertama kali disuruh menitipkan smua barang bawaan. Baik itu dompet, HP, perhiasan, jaket tas, dan lainnya harus dititipkan pada tempat penitipan barang yang sudah disediakan oleh panitia. Hanya diperkenankan membawa kartu peserta dan KTP serta KK bagi yang membawa KTP sementara.

Kemudian stanby di area registrasi menunggu giliran. Disaat registrasi diminta menunjukkan kartu peserta dan KTP asli. “Apabila peserta hanya membawa KTP sementara, maka diminta membawa Kartu Keluarga yang asli,” kata panitia.

Kartu peserta yang berjumlah dua rangkap harus ditandatangani oleh peserta disalah satunya. Kemudian yang lainnya ditandatangani panitia dan di stempel.

Berikutnya peserta mengisi absensi yang disediakan oleh panitia sebanyak lima rangkap.

Kemudian peserta berpindah pada meja panitia yang lain untuk pemberian nomor PIN. Yang sebelumnya, panitia menscan barcode yang tertera pada kartu peserta sehingga akan muncul identitas peserta pada layar komputer, untuk diketahui nomor PIN.

Kemudian nomor PIN tersebut dicatat tertulis pada kolom bawah kartu peserta.

Usai mempunyai nomor PIN, peserta disilahkan masuk ke ruangan. Untuk sementara waktu peserta menempati ruangan tersebut sambil melihat monitor yang memberikan penjelasan tata cara pengisian soal test.

Kemudian 30 menit sebelum waktunya CAT, peserta disilahkan menuju ke ruangan ujian. Namun terlebih dahulu mengikuti tahapan cek bodi di pintu masuk ruang CAT.untuk mengetahui kepastian peserta tidak membawa barang apapun selain kartu peserta dan KTP.

Cek bodi dilakukan oleh pihak kepolisian. Khsusus untuk peserta perempuan, cek bodi dilakukan oleh polwan.

Peserta mengikuti tes SKD selama 90 menit. Dengan materi wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan karakteristik kepribadian. (sim).


Baca Juga

Senin, 05 November 2018 | 15:47

SKD CPNS Kemenag Kaltim Berakhir, 94 orang Absen


Senin, 05 November 2018 | 15:47

1590 orang Ikuti Tes SKD CPNS Kemenag Kaltim


Senin, 05 November 2018 | 15:47

Pelantikan Pengawas Baru di Kemenag Bontang


Senin, 05 November 2018 | 15:47

Biro Ortala Sosialisasi Keortalaan di Kaltim


Berita Terpopuler

Jumat, 02 November 2018 | 09:43

Karyawan/Karyawati Laksanakan Senam Bersama