Cegah Angka Perceraian, dengan Bimbingan Perkawinan

Senin, 12 November 2018 | 19:29       Dibaca 73 kali


Kutai Timur (Inmas). Masalah pernikahan dan keluarga sangat beragam dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Dari sekedar pertengkaran kecil sampai ke perceraian, dengan kata lain ada banyak faktor yang menyebabkan pernikahan itu tidak sesuai dengan yang diharapkan bersama.

Karena itu, pelaksanaan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur melalui Seksi Bimas Islam pada Kamis (08/11) dan bertempat di Gedung Balai Nikah KUA Kec. Sangatta Utara, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah angka perceraian meningkat.

Kepala KUA Kec. Sangatta Selatan, H. Syarifuddin Nuur yang pada kegiatan ini sebagai narasumber menerangkan, “bimbingan perkawinan merupakan proses pemahaman terhadap individu agar dalam menjalankan perkawinan dan kehidupan rumah tangga yang selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Sehingga, dapat mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat serta mencegah agar sesuatu tidak terjadi di kemudian hari”.

Hal yang tak diinginkan dalam hal ini adalah terjadinya perceraian dalam sebuah perkawinan. Karena perceraian merupakan suatu hal yang sedapat mungkin untuk dihindari, kecuali dalam keadaan terpaksa. perceraian bukan hanya menyangkut kepentingan suami istri yang bersangkutan, melainkan juga menyangkut kepentingan seluruh kepentingan anggota keluarga kedua belah pihak.

Berdasarkan data angka perceraian dari Pengadilan Agama di Kutai Timur sendiri, tingkat perceraian hingga bulan April mengalami peningkatan sejak awal tahun ini. Tercatat 124 angka perceraian, dan penyebabnya pun beragam. (fds)


Baca Juga

Senin, 12 November 2018 | 19:29

Kakan Kemenag Kukar Lantik Penghulu Muda


Berita Terpopuler

Kamis, 03 Januari 2019 | 13:54

Upacara HAB Ke-73 Tahun 2019


Jumat, 04 Januari 2019 | 14:28

Rapat Koordinasi Kepala KUA se - Kabupaten Berau