Sekretaris Daerah Buka Pentas PAI Kecamatan Penajam

Minggu, 18 November 2018 | 06:29       Dibaca 106 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Pembukaan Pentas Seni Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Penajam tanggal 14 Nopember 2018 atau 6 Rabiul Awal 1440 H bertempat di SDN 013 Giri Mukti Penajam yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kasi Pakis Kemenag, Ketua MUI, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan unsur pemerintah serta guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Penajam terlihat begitu semarak dan meriah.

Ketua panitia sekaligus ketua KKG PAI Kab.Penajam Paser Utara H. Hasan Mubarok menyampaikan dalam sambutannya sangat merasa bersyukur bahwa kegiatan ini dihadiri oleh beberapa orang pejabat pemerintah daerah. "Kegiatan Pentas Seni ini juga diikuti oleh 45 sekolah yang ada di Kecamatan Penajam terdiri dari SD, MI, SDIT dan SD Muhamadiyah dengan jumlah peserta sekira 400 orang." Ucap Mubarok.

Tambahnya lagi, adapun lomba Pentas Seni yang dipertandingkan yakni Pildacil, Tahfidz Alqur'an, Tilawah, Tartil, Cerdas Cermat, Rabbana dan lomba mewarnai yang kesemua kegiatan dipusatkan di SD 013 Giri Mukti Kecamatan Penajam.

Mewakili Kepala Kantor Kemenag PPU, Kasi Pakis Hj. Jumaisyah menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara karena beliau bersamaan mengikuti kegiatan kunjungan kerja Kakanwil Kemenag Prov. Kaltim di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Jumaisyah juga sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada KKG PAI Kecamatan Penajam atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan Pentas Seni ini dapat terlaksana. Tujuan Pentas Seni PAI menurutnya adalah untuk meningkatkan minat dan bakat anak terhadap pendidikan agama islam, selain itu Kasi Pakis ini juga berharap dapat mewujudkan generasi muda berkarakter.

Selain itu lanjut Jumaisyah Pentas Seni PAI ini juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan pendidikan agama islam pada sekolah. Pentas Seni PAI jenjang SD Kecamatan Penajam mengangkat tema Membangun Generasi Religius, Cerdas, Kreatif, Berprestasi dan Berakhlakul Karimah.

Sekretaris Daerah H. Tohar mengawali sambutannya mengatakan merasa terkesan dengan sambutan dimana ketika dirinya datang anak-anak SD membacakan Asmaul Husna dengan lancar. "Ini visi kita didunia pendidikan agama islam untuk membangun generasi yang religius di Penajam Paser Utara." Ucap Tohar.

Sekda H. Tohar mengatakan kita semua perlu memahami dan hayati makna di dalam meningkatkan pendidikan agama islam. H. Tohar juga menjabarkan satu persatu tema yang diusung kepada tamu undangan.

Diakhir sambutannya H. Tohar mengatakan, pemerintah akan mendukung kegiatan Pentas Seni Pendidikan Agama Islam ini sampai ketingkat nasional. Selanjutnya Tohar membuka ajang Pentas Seni PAI se Kecamatan Penajam dan menyerahkan piala bergilir kepada panitia Pentas Seni PAI Kecamatan Penajam. Kegiatan pembukaan Pentas Seni PAI ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI PPU H. Juhdi Panani. (rl/basz)