120 Peserta Ikut Pentas PAI SMA/SMK Kab. Penajam Paser Utara

Rabu, 21 November 2018 | 09:19       Dibaca 77 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMA/SMK se Kabupaten Penajam Paser Utara diselenggarakan hari Sabtu tanggal 17 Nopember 2018 bertempat di SMA 2 Penajam Paser Utara Kecamataan Waru.

Laporan panitia Pentas PAI tingkat SMA/SMK Abu Bakar, S.Ag kegiatan tersebut diikuti sebanyak 120 orang peserta dari seluruh sekolah setingkat SMA di PPU. Sebanyak lima cabang lomba yang dipertandingkan diantaranya pidato, tilawah, nasyid, debat PAI, dan busana muslim. Adapun anggaran dalam pelaksanaan tersebut bersumber dari bantuan Baznas PPU dan masing-masing sekolah.

Membuka kegiatan Pentas PAI tingkat SMA/SMK oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag PPU Hj. Jumaisah. Kasi Pakis Hj. Jumaisah mengatakan Pentas PAI ini merupakan sebuah kebutuhan bagi anak didik di PPU. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diketahui minat dan bakat mereka dalam bidang pendidikan agama islam.

Sedangkan bagi para guru menurutnya dapat meningkatkan keilmuan tentang pendidikan agama islam. Sementara bagi pemerintah kegiatan Pentas PAI harus dapat menjadi agenda pembinaan dan pemantauan pendidikan agama islam.

Ia menegaskan, Pendidikan Agama Islam di sekolah harus mampu menjawab harapan masyarakat agar siswa mampu meningkatkan keimanan, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Paling tidak hal itu ditandai dengan meningkatnya pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Diakhir sambutannya Hj. Jumaisah mengajak kepada seluruh peserta untuk menjunjung tinggi nilai keberagaman dalam kehidupan karena lanjutnya agama islam sendiri sangat menghargai keberagaman. (jm/basz)