Tim Pendamping Madrasah Gemilang Kunjungi MAN IC Paser

Kamis, 22 November 2018 | 20:31       Dibaca 129 kali


Paser (Inmas) - Sesuai dengan intruksi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur tentang program Gerakan Madrasah Indah Lahirkan Bintang (GEMILANG) yang bertujuan untuk mewujudkan pembinaan kepada madrasah sebagai penyelenggara dan pengelola pendidikan yang bermutu serta kembali di adakannya kompetisi madrasah GEMILANG tahun 2018, maka terpilih tiga madrasah sebagai wakil Kabupaten Paser untuk mengikuti kompetisi GEMILANG tingkat provinsi Kalimantan Timur. Tiga madrasah itu ialah MAN IC Paser, MTsN 2 Paser dan MIN 2 Paser. Berdasarkan hal tersebut pada Kamis (22/11) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser melalui pengawas madrasah yang sebelumnya telah di tunjuk sebagai tim pendamping madrasah GEMILANG tingkat Kabupaten Paser melakukan pembinaan dan penijauan persiapan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser (MAN IC Paser).

Tim pendamping terdiri dari Drs. H. Abdul Hamid sebagai ketua, Drs. Nur Susanto sebagai sekretaris dan H. Najemuddin, S.Ag sebagai anggota. Rombongan di terima langsung oleh Waka Akademik MAN IC Paser DR. H. Achmaf Ruslan Afendi, M. Ag, Waka Kesiswaan MAN IC Paser Susmini, M. Pd. I juga wakil ketua tim Kompetisi Gemilang MAN IC Lukman Hakim, S.Pd.I. Pada kunjungan kali ini tim pendamping fokus untuk membahas instrumen-instrumen nilai yang menjadi indikator penilaian di kompetisi madrasah GEMILANG. Selain membahas tentang instrumen penilaian pada pembinaan juga di bahas tentang kendala-kendala dan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut secara efektif dan efesien.

Setelah pembahasan mengenai instrumen penilaian selesai, tim pendamping GEMILANG Kantor Kementerian Agama Paser melakukan peninjauan infrastruktur dan sarana yang berada di MAN IC Paser. Sarana yang di tinjau antara lain perpustakaan, uks, kantin dan lain-lain. Dari hasil pendampingan dan pembinaan di MAN IC, ketua tim Drs. H. Abdul Hamid merasa puas karena hampir 80 % MAN IC Paser sudah bisa memenuhi indikator instrumen penilaian kompetisi madrasah GEMILANG.

Tiga maksud tujuan program GEMILANG sebagaimana dalam Juknis yang dikeluarkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim. Pertama adalah motivasi yaitu membangun semangat pada proses, memberi perhatian pada pengelolaan dan perhatian terhadap penyelenggaraan satuan pendidikan madrasah. Kedua adalah advokasi dalam pelestarian budaya sekolah membangun citra mutu madrasah. Dan yang terakhir adalah evaluasi yang merupakan penilaian dan kunjungan ke madrasah saat menguji atau memberi bobot mutu atas pelaksanaan kegiatan yang dilakukan madrasah. Di harapakan dari program madrasah GEMILANG dapat tercipta madrasah-madrasah yang bermutu dalam segala aspek serta pendidikan yang berkualitas. (s/i)

 

 


Baca Juga

Kamis, 22 November 2018 | 20:31

Rapat Persiapan Jalan Sehat Kerukunan di Kab. Paser


Berita Terpopuler

Kamis, 03 Januari 2019 | 13:54

Upacara HAB Ke-73 Tahun 2019


Jumat, 04 Januari 2019 | 14:28

Rapat Koordinasi Kepala KUA se - Kabupaten Berau