Penjelasan Petunjuk Teknis Bantuan Rohis pada MGMP PAI SMA

Jumat, 30 November 2018 | 08:08       Dibaca 62 kali

Pengarahan Kasi Pais Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis Pada Sekolah Tahun Anggaran 2018

Berau (Inmas). Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau (Samsul Bahrum, S.Pd.I) memberikan arahan kepada Anggota MGMP PAI SMA yang terdekat dalam kota Tanjung Redeb dan sekitarnya di Mushalla Kemenag Berau, Kamis (29/11).

Adapun isi yang disampaikan beliau adalah mengnai Keputusan Dirjen Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis pada sekolah Tahun Anggaran 2018.

Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maka perlu mengadakan Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis pada Sekolah Tahun 2018, dan perlu adanya petunjuk teknis untuk menjadi acuan pemberian bantuan.

Adapun tujuan umum  Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis pada Sekolah adalah sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan program-program untuk pemberdayaan dan peningkatan mutu Kelembagaan Rohis yang dilakukan oleh komunitas guru mata pelajaran dalam wadah MGMP PAI SMA/SMK, pada tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan.

Sedangkan Tujuan Khusus adalah untuk Menunjang penyususnan program jangka panjang, menengah dan pendek pada program Pengembangan Kegiatan ekstra kurikuler melalui kelembagaan Rohis, Membina Kegiatan Rohis pada sekolah sesuai dengan rencana program unggulan yang telah ditetapkan sesuai dengan perkembangan isu-isu inovatif dan kontemporer, memotivasi para Guru PAI dalam pengembangan pembinaan Rohis yang bervariatif, terstruktur dan berkesinambungan, mengembangkan modul, silabus program dan kegiatan ekstra kurikuler keagamaan Islam,mengembangkan khazanah pengetahuan keagamaan Islam yang memiliki ciri khas keunggulan.

Tujuan diterbitkannya Petunjuk teknis Program Pemberian Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis pada sekolah tahun 2018 ini adalah menstandarisasi pelaksanaan setiap jenis program/kegiatan, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi peleksanaan kegiatan, mempermudah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian bantuan

Pemberi Bantuan Pemberdayaan Lembaga Rohis pada sekolah ini adalah Direktorat Pendidikan Agama Islam bagi bantuan yang dibiayai dengan DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Kanwil Kementerian Agama Provinsi bagi bantuan yang dibiayai dengan DIPA Kementerian Agama Provinsi dan Kementerian Agama Kabupaten / Kota bagi bantuan yang dibiayai dengan DIPA Kementerian Agama Kabupaten / Kota. (MA)


Baca Juga

Jumat, 30 November 2018 | 08:08

Rapat Koordinasi Dengan MKKS


Jumat, 30 November 2018 | 08:08

Pertemuan MGMP PAI SMA / SMK


Jumat, 30 November 2018 | 08:08

Kepala Kantor Kemenag Serahkan DIPA 2019


Jumat, 30 November 2018 | 08:08

Pelatihan dan Pembinaan Operator Emis TPA


Berita Terpopuler

Kamis, 03 Januari 2019 | 13:54

Upacara HAB Ke-73 Tahun 2019


Jumat, 04 Januari 2019 | 14:28

Rapat Koordinasi Kepala KUA se - Kabupaten Berau