Pelatihan dan Pembinaan Operator Emis TPA

Selasa, 18 Desember 2018 | 10:05       Dibaca 83 kali

Nara Sumber dan Peserta pada Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Operator Emis TPA se Kecamatan Segah

Berau (Inmas) – Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Segah melaksanakan Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Operator Emis TPA se Kecamatan Segah di Masjid Baitul Makmur Tepian Buah Segah, Selasa (18/12).

Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing TPA yang ada dalam wilayah Kecamatan Segah.

Nara Sumber dari Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Operator Emis TPA di Kecamatan Segah ini adalah Fatahuddin, S.Ag. sebagai JFU Pengembang Ustazh dan Santri pada Kantor Kementerian Agama Kab. Berau.

Materi yang disampaikan (Fatahuddin) adalah “dimulai dengan panduan pendaftaran operatornya. Dalam hal ini Emis TPA alah aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan data secara detil dari suatu lembaga di seluruh Indonesia dengan mengisi secara lengkap dan benar, karena aplikasi tersebut hanya bisa menerima data secara benar dan lengkap sesuai dengan aplikasi”.

“Sehingga apabila ada hal yang tidak cocok maka lebaga tersebut tidak bisa di back up yang kemudian di upload ke server”.

“Secara lembaga yang di bawah Pontren diwajibkan untuk melakukan entry data yaitu Pondok Pesantren beserta  data Santri, Madrasah Diniyah dan TPA, yang disertai dengan jumlah santri dan guru, untuk membuat bekerja ekstra giat dan cermat, serta tidak boleh salah secara aplikasi”.

"Aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk melakukan pendataan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren".(MA)