Kaltim Kategori Provinsi Paling Rukun Tahun 2018

Kamis, 03 Januari 2019 | 21:20       Dibaca 310 kali


Jakarta (inmas – kwl) Provinsi Kalimantan Timur menjadi bagian daerah provinsi paling rukun. Setelah Provinsi Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 1 Tahun 2019 yang dibacakan saat Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI, Kamis (3/1) di Jakarta.

Prestasi daerah paling rukun diberi penghargaan Harmoni Award oleh Menteri Agama RI. Untuk Provinsi Kalimantan Timur diterima Wakil Gubernur Kaltim Bapak Hadi Mulyadi.

Bapak Hadi menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Kemenag RI. Menurutnya, penghargaan diberikan sebagai apresiasi pemerintah pusat atas sumbangsih dan kontribusi pemerintah daerah dalam pembangunan kehidupan dan kerukunan umat beragama.

Kaltim hingga saat ini kehidupan umat beragama selalu rukun. Apalagi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sudah terbentuk di provinsi dan di kabupaten/kota, ucap Hadi Mulyadi.

Kaltim masuk kategori daerah paling rukun didasarkan indikator dari Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Melihat kondisi faktual daerah terkait kasus intoleransi dan pemberitaan kerukunan.

Seperti penjelasan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag RI. Ada tiga kriteria pemberian harmoni award. Pertama, hasil penelitian Balitbang Kementerian Agama tentang indeks kerukunan. Kedua, penelusuran berita media tentang program pembinaan kerukunan di daerah. Dan ketiga, kajian kasus intoleransi di daerah tersebut.

Serupa disampaikan Bapak Asmuni Ali, Ketua FKUB Provinsi Kaltim. Bahwa beberapa waktu lalu dirinya sempat diwawancarai maslah kerukunan oleh Badan Litbang Keagamaan.

“Sempat ditanyai apakah FKUB menerbitkan koran atau majalah. Saya katakan tidak menerbitkan, hanya saja bergabung dengan majalah Ikhlas yang diterbitkan Kanwil Kemenag Kaltim yang mana diberi kolom beberapa halaman khusus berita kerukunan,” jelas Asmuni Ali.

Selain daerah paling rukun, juga terdapat penilaian kategori FKUB Berkinerja Terbaik. Dan ini diberikan kepada FKUB Provinsi Aceh; FKUB Provinsi DKI Jakarta; dan FKUB Provinsi Kalimantan Barat.

Sedangkan FKUB Kabupaten/Kota berkinerja terbaik diterima oleh FKUB Kota Bekasi; FKUB Kabupaten Gunung Kidul; dan FKUB Kabupaten Tasikmalaya. (sim).