Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, Siswa MAN 2 Kerja Bakti

Senin, 11 Pebruari 2019 | 16:43       Dibaca 26 kali

Siswa MAN 2 Samarinda Melakukan Kerja Bakti

Samarinda (humas-MAN2) - Dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia, siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda melakukan kerja bakti. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan MAN 2 Samarinda setelah senam sehat sabtu pagi dimulai dari pukul 08.00 wita dan berakhir pada pukul 10.30, Sabtu (2/2).

Kepala Madrasah Saharuddin, menyampaikan  Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya, pada tanggal ini ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah, yang disebut Konvensi Ramsar, pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar, kota yang terletak di pantai Laut Kaspia di Iran.

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pertama kali pada tahun 1997, dalam setiap tahun  lembaga pemerintah, swadaya masyarakat dan kelompok masyarakat pada seluruh lapisan komunitas mengambil peran dalam aksi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum sejak tahun 1997 hingga 2007, terangnya.

Dijelaskannya juga, konvensi telah melaporkan ada 95 negara telah melakukan aktivitas perayaan Hari Lahan Basah Sedunia dalam berbagai bentuk, dari seminar dan kuliah singkat, lintas alam, kontes seni anak-anak, balap sampan, hingga aksi bersih (clean-up day) yang dilakukan komunitas masyarakat, dan sebagainya.

Kegiatan yang dipimpim langsung oleh Kepala Madrasah berjalan dengan lancar dan penuh semangat, dari membersihkan lapangan, pentilasi udara, kaca kelas, greend house, parit dan biopori. (SY/rd)