Muhadharah Siswa MAN 2, Kasih Sayang Dalam Pandangan Islam

Senin, 11 Pebruari 2019 | 16:52       Dibaca 26 kali

Muhadharah Siswa MAN 2 Samarinda

Samarinda (madrasah) - Muhadharah siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda membawakan 4 bahasa. Yaitu bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan Jawa, dengan tema Kasih Sayang Dalam Pandangan Islam.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru  dan pegawai pada tata usaha dengan pemateri siswa dan siswi kelas XI IP 2 sebanyak 18 orang yang dibimbing oleh Dra. Hj. Erna Rosyidah, Jum’at (8/02).

Dalam materinya yang disampaikan siswa, kasih sayang adalah sebuah kenikmatan yang dirasakan manusia di dunia, dengan adanya rasa kasih sayang, tercipta kepedulian, kedamaian dan rasa empati kepada orang lain.

Tidak hanya itu, kasih sayang bisa mendorong manusia untuk membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh manusia lainnya, tanpa rasa kasih sayang mungkin manusia akan menjadi sangat individualistis, egois dan tidak memikirkan kepentingan orang lain.

Untuk bisa mendapatkan kasih rasa sayang dengan benar dan sesuai ajaran agama islam adalah denan cara kita harus terlebih dahulu mencintai Allah.

Menjadikan Allah sebagai cinta yang utama dihati kita akan menjadi penjaga dari perasaan lain yang tidak benar, cinta itu bermacam-macam, ada cinta kepada orang tua, adik, kaka, sesama manusia, kepada hewan dan kepada tumbuhan.

Sementara pengarahan pendamping Ruchmiati, M.Pd.I menambahkan cinta kepada sesama manusia adalah kecintaan kita terhadap orang tua, maupun kepada yang lebih muda dengan cara menghormati dan menghargai.

Selain itu kepada hewan bisa dilakukan dengan cara mengasihi mereka dan tidak menyakiti atau melukai mereka, sedangkan tumbuhan bisa kita lakukan dengan cara merawat tumbuhan, menyiram, dan memberi pupuk, ungapnya mencontohkan.

Terakhir dipesankan kepada semua siswa agar dapat menjaga kecintaan kita kepada agama Islam dan menjaga ahklak serta keimanan. (SY/rd)