Kelembagaan KUA Untuk Wujudkan Layanan Berkualitas

Jumat, 02 Agustus 2019 | 18:30       Dibaca 107 kali


Kutai Timur (Inmas). Sebagai lembaga pemerintah yang menangani bidang keagamaan di masyarakatnya langsung, peran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan memiliki peran strategis dalam mewujudkan layanan yang berkualitas dan pembangunan sumber daya manusianya.

Karena itu pada kegiatan Sosialisasi Mekanisme Usul PAK bagi Jabatan Fungsional Penghulu yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur melalui Seksi Bimas Islam pada Kamis (01/08) yang bertempat di Hotel MS, Sangatta, turut hadir pula sebagai Narasumber Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Timur, H. Sofyan Ya’qub.

Beliau di depan para peserta yang berasal dari para Penghulu dan operator pada KUA Kecamatan yang berjumlah 28 orang tersebut mengatakan bahwa ada 4 isu utama dalam memberdayakan KUA, yakni pemenuhan biaya operasional, pemerataan sumber daya manusia, standar layanan dan pemenuhan sarana dan prasarana.

Ke 4 isu utama tersebut merupakan unsur Penataan KUA yang bertujuan mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi hak-hak dasar masyarakat yang memerlukannya dengan cara lebih baik, cepat, mudah, baru, dan murah dalam kualitas layanannya.

Karena itu, KUA sebagai instansi terdepan Kemenag pada masyarakat harus mencerminkan tugas layanan keagamaan yang komperhensif. Selain itu, Eksistensi KUA tergambar dengan kemampuannya menjalankan misi layanan publik meski dalam keterbatasan. Terangnya. (fd)


Baca Juga

Jumat, 02 Agustus 2019 | 18:30

Sangatta Selatan Gelar Bimbingan Perkawinan


Jumat, 02 Agustus 2019 | 18:30

Nasrun : Status Tanah Wakaf harus Ada AIW


Berita Terpopuler

Senin, 09 Desember 2019 | 10:55

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Paser ke 45