LPTQ Gelar Rapat Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019

Kamis, 08 Agustus 2019 | 14:32       Dibaca 158 kali


Samarinda (Inmas Kwl) – Sehari setelah pelantikan,  Lembaga Pengurus Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Timur periode 2019 – 2024 mengadakan kegiatan rapat kesiapan (expose) pada Rabu pagi (08/08). Hal ini guna mengingat semakin dekatnya waktu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019 di Kabupaten Paser.

Rapat dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kaltim, H. Sofyan Noor dan Kepala Biro Kesra Setda Prov. Kaltim H. Elto. Sedangkan presentasi mengenai kesiapan (expose) pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019 disampaikan oleh Kepala Bagian Bina Kesra I Kabupaten Paser, Sisman.

Di awal presentasinya Sisman menyampaikan Kabupaten Paser terus mempersiapkan penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019. “Insya Allah Kabupaten Paser terus mempersiapkan MTQ yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus hingga 4 September,” ucapnya. Selanjutnya disampaikan juga teknis mengenai akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

Berdasarkan info yang didapat, akomodasi untuk semua Kafilah akan ditempatkan pada rumah penduduk. Masing-masing Kabupaten/Kota disiapkan 1 buah rumah dengan kapasitas mencapai 85 orang. Untuk Para Dewan Hakim, Panitera, Tim Verifikasi, Tim Kerja dan Tim Pengawas akan ditempatkan di Hotel.

Selanjutnya konsumsi yang dijamin panitia adalah sebanyak 85 orang per kafilah. Untuk beberapa lomba di Majelis nantinya akan diantar langsung oleh panitia seksi konsumsi.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser diberi tanggung jawab bidang transportasi pada gelaran MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019 ini. Dijelaskan pada rapat pagi tadi oleh Sisman, bahwa akan disiapkan jumlah mobil sebanyak 50 buah. Dengan rincian setiap Kafilah disiapkan mobil sewaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Paser. Masing-masing 2 buah mobil dan 1 pick up untuk kegiatan pawai ta’aruf. Dewan Hakim dan Tim Verifikasi sebanyak 15 mobil dan panitia 5 mobil.

Sementara itu tempat selama pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan di 9 lokasi berbeda. Diantaranya, Masjid Agung Nurul Falah, Masjid Al Kahfi, Masjid At Taqwa, Masjid YAMP Nur Hidayah, Gedung PKK Kabupaten Paser, MAN 1 Paser, Gedung Olahraga Tapis, Ruang CAT BKPP Kabupaten Paser.

Lebih lanjut, Sisman menjelaskan teknis kedatangan Kafilah serta Official 10 Kabupaten/Kota di Kabupaten Paser. Untuk penerimaan nantinya Kafilah diterima di Kecamatan Long Kali. Kemudian di pintu gerbang masuk Tanah Grogot diterima oleh Mursyid dan Mursyidah yang selanjutnya diarahkan ke rumah pemondokan masing-masing. Sedangkan Official diarahkan menuju sekretariat untuk pendaftaran.

Tampak hadir pada acara kesiapan (expose) pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke 41 Tahun 2019 para Kepala Kantor Kemenag se Kalimantan Timur dan juga perwakilan dari Biro Kesra se Kalimantan Timur. (win)