Resmikan RKB, Kakankemenag Ajak Guru Ciptakan SDM Unggul

Rabu, 14 Agustus 2019 | 10:53       Dibaca 19 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Kakankemenag PPU Drs. H. Maslekhan didampingi Kasubag TU, Kasi Penmad dan Kepala MTsN 2 meresmikan bangunan gedung RKB MTsN 2 PPU. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita biru berhias bunga warna pink dan tampilan sekelompok siswa melafalkan asmahulhusna, Selasa (13/8) bertempat di MTsN 2 PPU..

Gedung ruang kelas baru tersebut menurut keterangan kepala MTsN 2 H. Muhammad Tawab perencanaan pembangunan dimulai dari bulan januari, dan mulai pekerjaan dibulan maret. "Alhamdulillah gedung ini sudah bisa digunakan untuk kegiatan belajar," ucap Tawab.

Lanjut Tawab, dirinya melaporkan siswa di MTsN 2 PPU saat ini sebanyak 170 orang, dan siswa baru 60 orang ini sesuai ketentuan yang diberikan dinas pendidikan setempat. Untuk ruang kelas ada 10, dan hanya 7 ruang yang digunakan kegiatan belajar, "jadi kita disini kelebihan ruang kelas, karena kuota yang diberikan Diknas hanya dua ruang kelas saja setiap tahunnya," jelas Tawab. Untuk jumlah guru di MTsN 2 PPU hanya ada 15 orang guru selebihnya ditambah oleh tenaga honorer. Guru perempuan lebih banyak dibanding guru laki-laki, jelas kepala madrasah ini.

Pada kesempatan tersebut H. Tawab juga berharap siswanya yang terpilih mengikuti KSM tingkat propinsi dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah. Ia juga mengucap terimakasih kepada pelaksana pembangunan RKB dan pejabat pengadaan dari kantor kemenag yang juga turut hadir diacara peresmian. Dilakukan juga penyerahan LPJ RKB yang diserahkan langsung dari pelaksana kepada Kepala Madrasah sebagai bukti bahwa pekerjaan telah selesai.

Sementara Kepala Kantor H. Maslekhan meminta kepada guru-guru agar bisa menciptakan generasi yang unggul, hal ini sejalan dengan tema hari proklamsi kemerdekaan RI ke 74 yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Dimadrasah inilah diharapkan akan muncul SDM yang baik dan unggul. "Untuk menciptakan SDM unggul maka peran guru dimadrasah sangatlah penting." Ucap Kepala Kemenag dihadapan sejumlah guru. Ia mengibaratkan madrasah seperti kayu cendana, tentu aroma kayu cendana akan tercium lebih baik aromanya dibanding kayu biasa.

Terkait gedung RKB yang sudah selesai ini, Kakankemenag berharap dapat dimanfaatkan maksimal untuk kegiatan belajar siswa. Ia menilai gedung yang pekerjaannya selesai tepat waktu ini terlihat baik dari sisi hasil pekerjaan. Dengan nilai anggaran yang tidak terlalu besar bisa menghasilkan gedung yang cukup baik dan bagus. (basz)