PPIH Rapat Persiapan Penjemputan Jamaah Haji Kubar 1440 H

Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:48       Dibaca 26 kali

Rapat PPIH Kubar terkait persiapan pelaksanaan penjemputan jamaah haji 1440 H/2019 M, (14/8) (dok.edi).

Kutai Barat(Inmas)- Wakil ketua Pengelola Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kutai Barat H.Muhammad Isnaini, S.Ag, M.Pd memimpin rapat persiapan pelaksanaan penjemputan jamaah haji Kubar 1440 H/2019 M, Rabu (14/8).

Beliau mengajak diskusi bersama rekan anggota berbagai tahapan saat pelaksanaan penjemputan jamaah haji tiba. Di mulai dari daftar manifest haji Kubar, hal ini penting di cermati mengingat saat pulang ke kampung halaman tidak semua jamaah haji berkumpul saat pembubaran resmi oleh bupati.

Oleh sebab itu pegawai yang di tunjuk menangani hal ini tahu betul jamaah haji mana saja yang akan melepaskan dari rombongan saat menuju kampung halaman.

Berdasar jadwal, 92 jamaah haji Kubar yang tergabung dalam kloter 4 tiba di tanah air (bandara SAM Sepinggan Balikpapan) tanggal 3 September 2019 pukul 09.50 Wita. Setelah dilakukan pelepasan di asrama haji embarkasi, mereka langsung menuju Samarinda  untuk melanjutkan perjalanan ke kampung menggunakan KM Barokah.

Terkait kesiapan transportasi penjemputan wakil ketua PPIH (Kakankemenag Kubar), menghimbau untuk di koordinasikan dengan pemilik armada yang telah di sewa. Terkhusus angkutan kapal motor agar dilakukan pemeriksaan sebelumnya terkait kelengkapan keamanan berlayar.

Anggota PPIH yang bertugas dalam penjemputan agar mengetahui fungsi dan tugas masing-masing, dan selalu memaksimalkan koordinasi agar terlaksana dengan baik.

Hal penting lainnya yang tak bisa di tinggalkan, mengingat perjalanan panjang saat menuju kampung halaman konsumsi jamaah haji harap di perhatikan, pinta wakil ketua PPIH.

Berikut bagi jamaah yang meminta diri memisahkan dari rombongan saat pulang, sodorkan surat pernyataan pisah rombongan demi keamanan serta hal yang tidak diinginkan bila terjadi.

Diperkirakan kapal akan mendaratkan jamaah asal kecamatan Penyinggahan dan Muara pahu sebelum memasuki kota Melak batas akhir rombongan jamaah Kubar di turunkan. Penyambutan sekaligus pembubaran di pusatkan di masjid Al Muttaqin Islamic Center oleh bupati Kutai Barat. (ed)