Songsong KSM Nasional, Kaltim Gelar KSM Berbasis CBT

Kamis, 15 Agustus 2019 | 11:20       Dibaca 226 kali

Suasana Sesaat Sebelum Pelaksanaan KSM. Insert, Kabid Penmad Kanwil A. Ridani (Ujung Kanan) Pantau Berjalannya KSM, Kamis (15/08). (Foto: Nop)

Samarinda (Inmas Kwl) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur digelar 14 s.d 16 Agustus di dua tempat, yakni MTsN Samarinda dan MAN 2 Samarinda. Hari ini, Kamis (15/08) dilangsungkan pelaksanaan seleksi KSM yang telah dibuka secara resmi sehari sebelumnya oleh Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor.

Peserta yang mengikuti seleksi KSM Tingkat Provinsi adalah siswa MI, MTs, dan MA pemenang pada KSM Tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 20 Juli lalu. Selanjutnya yang lolos seleksi tingkat provinsi akan dikirim mewakili Kalimantan Timur pada KSM Tingkat Nasional yang rencananya akan dilangsungkan 16 s.d 20 September di Manado Sulawesi Utara.

Berdasarkan keterangan panitia, tingkat MA melombakan 6 cabang pelajaran yaitu: Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika dan Geografi. Kemudian tingkat MTs melombakan 3 cabang pelajaran, yaitu: IPS, IPA, dan Matematika. Sedangkan untuk tingkat MI melombakan 2 cabang saja, yaitu IPA dan Matematika.

Tiga ruangan di MTsN Samarinda digunakan untuk seleksi tingkat MTs dan MA, sedangkan untuk tingkat MI menggunakan 2 ruangan di MAN 2 Samarinda. Kedua madrasah ini berada berdekatan pada lokasi yang sama di Jl. Harmonika, sehingga memudahkan panitia dan peserta selama kegiatan berlangsung.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim, Ahmad Ridani, memantau langsung pelaksanaan kegiatan sejak dibuka resmi kemarin. Didampingi Kepala Madrasah dan Kepala TU Madrasah yang menjadi tuan rumah, ia memantau persiapan seleksi hingga pelaksanaan seleksi.

Sama seperti tahun sebelumnya, seleksi kali ini menggunakan metode CBT (Computer Based Test). Cara ini memungkinkan hasil seleksi diperoleh real time, artinya hasil test langsung dapat diketahui pada waktu yang sama sehingga sore nanti pemenang akan bisa diumumkan. (Nop)