Penghulu Lutfi Hakim,S.HI Raih Juara 2 Karya Tulis Ilmiah

Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:20       Dibaca 164 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - Lomba Karya Tulis Ilmiah bagi Penghulu yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Timur dilaksanakan di Hotel MJ Samarinda (14-16/8/) diikuti sebanyak 10 orang penghulu dari kab/kota se-Kaltim. Lomba Karya Tulis Ilmiah di buka secara resmi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prop. Kalimantan Timur Drs. H. Sofyan Noor.

Penghulu adalah pejabat fungsional yang diberi tugas, tanggungjawab dan wewenang melakukan pengawasan nikah/rujuk dan kegiatan kepenghuluan lainnya. Penghulu selain berfungsi administratif, juga berfungsi sebagai pelayan dan juga berfungsi sebagai intelektual di masyarakat.

Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara yang turut partisipasi dalam lomba karya tulis ilmiah ini diwakili oleh Penghulu KUA Kecamatan Babulu Lutfi Hakim, S.HI. Lutfi begitu ia sering disapa mengusung tulisan karya ilmiah dengan judul "Penghulu Jabatan Prestise di Tengah Masyarakat"

Dalam paparannya Lutfi katakan penghulu selain memiliki kedudukan yang tinggi ditengah-tengah masyarakat, penghulu juga memiliki kesejahteraan yang layak. Berangkat dari permasalahan tersebut Lufti sebagai penghulu tertarik untuk menulis sebuah karya ilmiah mewakili daerahnya.

Tujuan penulisan menurutnya untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab penghulu, untuk mengetahui sikap terbaik penghulu ditengah masyarakat serta mengetahui proses penyiapan penghulu profesional. Manfaat yang diinginkan dari penulisan ini diharapkan sebagai bahan informasi kepada masyarakat luas, khususnya bagi penghulu, sebagai bahan evaluasi penghulu dan masukan untuk menambah khazanah keilmuan para pembaca.

Lutfi dalam tulisannya mengatakan tidak semua penghulu memiliki keberuntungan tugas ditempat yang banyak peristiwa nikahnya, dan tidak sedikit penghulu yang bertugas didaerah terpencil yang miliki akses jalan bagus. Kedepan ia berharap ada penggalakan rolling tempat kerja semisal dari kota ke desa atau sebaliknya.

Menurutnya lagi setiap pekerjaan seberat apapun apabila memiliki moto ikhlas beramal, maka pekerjaan tersebut akan terasa ringan. Keistimewaan yang diberikan pemerintah kepada penghulu menurutnya patut disyukuri selain mendapatkan tunjangan kinerja atau remunerasi, penghulu juga mendapatkan tunjangan profesi dan transport menghadiri pernikahan diluar kantor KUA. Keistimewaan ini tentunya harus diimbangi dengan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Diakhir paparan Lutfi berkesimpulan setiap individu menginginkan kehidupan yang layak dari segi ekonomi. Penghulu jabatan prestise, bukan hanya nilai ekonominya saja, akan tetapi dari sisi sosial keagamaan juga menjadi jabatan prestise.

Penilaian dalam lomba karya tulis ilmiah yang berlangsung tiga hari di hotel MJ Samarinda ini dewan juri terdiri dari Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltim, Kabid Bimas Islam, Drs. Abdul Kudus dan Elhamsyah. Penyampaian karya tulis secara retorika dengan power point dan kupasan isi karya ilmiah. (basz)