Warga MAN Paser Gelar Reading Time

Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:33       Dibaca 57 kali

Kegiatan reading time dan tausiah di MAN Paser (Jumat 22/08/2019)

Paser (Madrasah). Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta seluruh siswa bersama Kepala MAN Paser mengadakan kegiatan yang tidak biasa sebelum melaksanakan kegiatan senam dan mengadakan kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut adalah Reading Time yang dirangkai dengan tausiah, dan dilaksanakan di halaman utama MAN Paser, Kamis ( 22/08).

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca bagi seluruh warga MAN Paser, terutama bagi siswa dan siswi yang memang sebagian besar minat bacanya sudah tidak ada lagi ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini.

Membaca adalah gerbang dalam mengarungi kayanya khazanah ilmu pengetahuan, juga akan membuat seseorang siswa atau pelajar akan menjadi lebih memiliki banyak wawasan. Membaca sendiri memiliki banyak manfaat untuk pelajar/siswa sehingga sangat perlu untuk mengarahkan siswa/pelajar untuk rajin membaca, dan jikalau perlu kebiasaan membaca harus dijadikan sebagai kebiasaan/rutinitas bagi siswa dalam kesehariannya.

Oleh karena itu peranan seorang guru maupun orangtua dalam mengarahkan anak didiknya untuk rajin membaca sangat fundamental. Namun faktanya minat baca dikalangan siswa/pelajar masih kurang, tapi bukan berarti semua siswa memiliki minat baca yang rendah karena sebagian pelajar masih ada yang memiliki motivasi untuk membaca.

Sebenarnya jika dianalisa secara komprehensif ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab rendahnya minat baca pada siswa/pelajar. Diantaranya adalah mudahnya memperoleh informasi yang instan, pengaruh social media, banyaknya hiburan, kurangnya motivasi guru dan orang tua untuk rajin membaca, sarana/media membaca yang kurang, konsep membaca yang diajarkan tidak bervariasi, pengaruh pergaulan yang kurang positif, pengaruh game.

Sementara itu Kepala MAN Paser Suwito, S.Pd.M.M, mengatakanbahwa kegiatan seperti ini harus dilakukan secara rutin dan terus menerus untuk membiasakan membaca bagi siswa siswi MAN Paser serta kepada tenaga pendidik dan kependidikan agar terus berupaya untuk menumbuhkan minat baca bagi para siswa. (Doel)  


Baca Juga

Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:33

MAN Paser Sembelih 5 Ekor Hewan Qurban


Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:33

OSIM MAN Paser Gelar LDK Tahun 2019


Berita Terpopuler

Minggu, 01 September 2019 | 14:20

Sisakan 12 Orang di Semifinal MMQ Kaltim