Kakanwil: eRKAM Penuhi 4T Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah

Selasa, 10 September 2019 | 13:01       Dibaca 122 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor (Jas Hitam) Didampingi Kabid Penmad Ahmad Ridani Menjadi Narasumber Workshop eRKAM, Selasa (10/09). (Foto: Nop)

Balikpapan (Inmas Kwl) - Kementerian Agama RI merilis aplikasi baru yang bertujuan untuk memudahkan madrasah dalam membuat perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan atas dana Bantuan Operasional Madrasah (BOS) dan dana lainnya, yaitu Aplikasi eRKAM (elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah).

Terkait hal tersebut Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim laksanakan Workshop Perencanaan dan Penggunaan (Planning Pendapatan dan eRKAM), Selasa (10/09) di Hotel Grand Jatra Balikpapan. Bambang Agusta selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa workshop ini diikuti oleh 51 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah dan operator madrasah negeri dan swasta di Kaltim serta 9 orang dari Penmad Kanwil.

Ia juga menginformasikan bahwa aplikasi eRKAM ini nanti akan diintegrasikan dengan aplikasi RKA-KL, KPK, EMIS, Aplikasi Kelembagaan, Simpatika, Sispena, Aplikasi Pondok Pesantren, dan Dapodik.

Kakanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor membuka kegiatan secara resmi sekaligus menyampaikan materi terkait kebijakan Kementerian Agama dalam perencanaan dan penganggaran madrasah berbasis kinerja di Kaltim. "Semua madrasah baik negeri maupun swasta harus mampu membuat rencana kerja dan anggaran madrasah secara elektronik yang memenuhi 4T (Tepat Sasaran, Tepat Guna, Tepat Waktu, dan Tepat Administrasi)." Ujarnya.

Lebih lanjut ia tekankan agar dana BOS yang diberikan setiap tahun kepada madrasah untuk membiayai kegiatan madrasah harus direncanakan dengan baik agar menghasilkan dampak mutu pembelajaran yang signifikan. Diantaranya dengan menerapkan aplikasi eRKAM.

Didampingi oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Ahmad Ridani, Kakanwil berharap kepada peserta agar mengoptimalkan penyerapan informasi kebijakan dan teknis selama workshop berlangsung.