Menag RI Nyatakan Rakor Sertifikasi Halal sangat Penting

Rabu, 09 Oktober 2019 | 07:45       Dibaca 36 kali


Jakarta (inmas – kwl). Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin menyatakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Produk Halal, sesuatu yang penting. Karenanya, dihimbau seluruh peserta untuk tidak meninggalkan satu sesi pun disetiap acara. “Saya minta Kepala Badan dan Sekretaris betul-betul menjaga absen,” kata Bapak Lukman di Hotel Millenium Jakarta, Selasa (8/10).

“Saya tidak ingin, pertemuan yang dipersiapkan dengan susah payah tidak diseriusi. Karena ini sesuatu yang penting dan baru,” tambah menag.

Sebab, menag sangat menginginkan setiap peserta menguasai dengan baik bisnis proses layanan sertifikasi halal. “Karena nanti pada tanggal 17 Oktober 2019 akan dimulainya proses sertifikasi sampai tanggal 17 Oktober 2024. Bisa dibayangkan nanti pada saat itu akan derasnya pelaku usaha akan memproses sertifikasi halal,” terangnya.

Nantinya, pinta menag, di setiap Kantor Wilayah bahkan Kantor Kementerian Agama juga memberikan layanan sertifikasi halal. “Kantor Kementerian Agama juga harus bisa menjadi pusat layanan sertifikasi halal sebagai wujud pendekatan layanan kepada umat,”ucap Bapak Lukman.

Dijelaskan pula, bahwa untuk tahap pertama, pada tanggal tersebut, sementara ada tiga produk yang disertifikasi halal. Yaitu, produk makanan dan minuman. Kemudian produk yang sudah dapat setifikasi halal sebelum lahirnya undang-undang jaminan produk halal nomor 33 tahun 2014. Juga jasa yang terkait dengan produk makanan dan minuman.

"Sedangkan produk kosmetik dan lainnya pada tahun berikutnya. Yakni sejak 18 oktober 2024 sampai lima tahun mendatang," ucap menteri agama.

Adapun undangan dan peserta rakor adalah dari unsur BPJPH pusat, Kakanwil Kemenag, Kepala Bidang Bimas Islam, Kasi Produk Halal dan staf pada Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag dari provinsi se Indonesia. Sedangkan dari Provinsi Kaltim, hadir Bapak Nabhan Kabid Bimas Islam, Abdurrazak dan Achmad Kosim staf di Kanwil Kemenag Prov. Kaltim. (sim).