Kemenag Kaltim laksanakan Sosialisasi Kepustakaan Islam

Kamis, 10 Oktober 2019 | 07:55       Dibaca 60 kali

Kemenag Kaltim laksanakan Sosialisasi Kepustakaan Islam

Samarinda(Inmas Kwl), Rabu (9/10), untuk menumbuhkan niat baca masyarakat Muslim demi menambah ilmu dan wawasan maka masjid adalah salah satu tempat yang sangat strategis, selain tempat ibadah maka masjidpun dijadikan tempat orang-orang berkumpul untuk menggali ilmu pengetahuan dan demi hal itu maka masjid menyiapkan sarana dan prasarananya berupa sebuah perpustakaan yang respentatif.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur mengelar Kegiatan Sosialisasi Kepustakaan Islam yang dilaksanakan Bidang Bimas Islam Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Midltown Samarinda Rabu-Jum'at (9-11/10) diikuti 30 peserta dari Kabupaten/Kota, di buka secara resmi Kepala Bagian Tata Usaha H. Mohlis mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya Bapak H. Mohlis berharap setelah kegiatan ini kepada masjid-masjid yang diundang agar segera membenahi dan merencanakan pembentukan perpustakaan dimasjidnya masing-masing, serta melakukan inovasi dalam pengelolaan masjid hingga menumbuhkan minat baca dikalangan umat. " Membangun umat dimulai dari masjid insyallah akan berkah", sambungnya

Bapak H. Mohlis menambahkan, pengurus masjid hendaknya melakukan terobosan dengan menerima wakaf buku, dan bukan hanya tentang buku keislaman namun juga cabang keilmuan lainya, serta membuat perpustakaan masjid yang menarik. Hal ini mendorong dan memberikan motivasi bagi Kita bagaimana agar generasi rajin membaca, mengunjungi perpustakaan”, ungkapnya.

Perpustakaan masjid bukan hanya sekadar tempat menyimpan buku atau materi perpustakaan namun diharapkan dapat menjadi pusat belajar bagi pemustaka untuk lebih mendalami ilmu agama Islam dan cabang keilmuan lainya. Namun, perpustakaan masjid juga tetap mengedepankan fungsi perpustakaan pada umumnya yaitu menjadi tempat rekreasi yang nyaman bagi para pemustaka. (iks)