Rapat Persiapan Nikah Massal di Kemenag Bontang

Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:18       Dibaca 20 kali

Kakankemenag Bontang menyampaikan arahannya dalam pertemuan bersama Pemkot

Bontang (Inmas)- Pemerintah Kota Bontang melalui Bagian Sosial Ekonomi bersama Kementerian Agama Kota Bontang menggelar pertemuan dalam rangka membahas persiapan Kegiatan Nikah Massal, Kamis (10/10) pagi. Pertemuan dipimpin langsung oleh Asisten II Zulkifli didampingi oleh Kepala Kankemenag Kota Bontang H M Isnaini.

Hadir Kepala KUA Se-Kota Bontang, perwakilan kelurahan dan kecamatan di Aula Kantor Kemenag Kota Bontang Jalan Kapten Piere Tendean No.20 B Bontang Kuala.

Dalam arahannya Isnanini mengatakan kesiapan dari Kemenag untuk membantu dari segi teknis pelaksanaan. Namun dirinya meminta agar peserta tetap mengikuti persyaratan dan aturan yang berlaku sebelum melangsungkan pernikahan. "Kegiatan ini tentu akan sangat membantu bagi Warga Kota Bontang khususnya yang kurang mampu. Namun untuk peserta haruslah di seleksi betul-betul jangan sampai mereka menikah hanya seumur jagung dan akhirnya bercerai. Yang utama tentunya peserta harus mengikuti Bimbingan Perkawinan terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat barulah diijinkan untuk menikah," ujarnya.

"Sesuai ketentuan yang berlaku saat ini, setiap pasangan calon pengantin wajib mengikuti Bimwin untuk mendapatkan buku nikah. Jadi kalau mereka belum meiliki sertifikat Bimwin buku nikah tidak akan diserahkan. Bimwin ini sendiri merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk menekan tingginya angka perceraian di Kota Bontang. Melalui Bimwin pasangan catin bisa mendapatkan bekal yang cukup untuk mengarungi bahtera rumah tangga," tambahnya.

Kegiatan Nikah Massal ini sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada minggu ke-2 di Bulan November dengan target peserta 45 pasangan catin dari setiap kecamatan. Dalam rapat juga ditentukan bahwa peserta akan mengikuti Bimwin terlebih dahulu di minggu pertama dengan menghadirkan nara sumber dari Balikpapan. Pemkot Bontang sudah memilih tempat di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini yang dilengkapi dengan tenda untuk peserta. (scl)