Pentas PAI Tingkat Nasional IX Tahun 2019 Resmi Dibuka Menag RI

Jumat, 11 Oktober 2019 | 04:33       Dibaca 170 kali


Makassar (Inmas Kwl) – Hadir bersama sang istri, Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin membuka acara Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional Tahun 2019 pada Kamis (10/10). Gelaran yang ke-9 kali ini diselenggarakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan digelar sejak tanggal 9 sampai dengan 14 Oktober 2019.

Selain dihadiri Menag RI, Pentas PAI Tingkat Nasional IX Tahun 2019 ini juga menghadirkan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Direktur PAI, Dirjen PHU, Kakanwil dari seluruh Indonesia, dan para peserta Pentas PAI dari seluruh Indonesia.

Bertempat di Asrama Haji Sudiang Makassar, acara pembukaan berlangsung meriah. Diawali dengan defile Peserta Pentas PAI Tingkat Nasional IX Tahun 2019 pukul 08.00 Wita. Terlihat setiap provinsi menggunakan seragam dengan sentuhan ciri khas masing-masing daerah.

Berdasarkan laporan panitia oleh Rohmat Mulyana yang juga merupakan Direktur PAI, disampaikan bahwa Pentas PAI akan mempertandingkan 10 jenis perlombaan. Diantaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran, Lomba Pidato PAI, Lomba Kaligrafi, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja PAI.

Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami menjadi salah satu jenis lomba baru dalam pentas PAI. “Pentas PAI akan diikuti oleh peserta didik SD, SMP, SMA/SMK, dan Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami menjadi salah satu jenis lomba baru dalam pentas PAI,” ucap Rohmat Mulyana.

Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang mewakili Gubernur mengucapkan rasa terimakasihnya karena telah mempercayakan Pentas PAI Tingkat Nasional IX Tahun 2019 di Kota Makassar khususnya dan Provinsi Sulawesi Selatan umumnya. Beliau merasa kegiatan ini sejalan dengan program-program yang dijalankan pemerintah provinsi.

Lukman Hakim Saifuddin tidak ketinggalan juga turut memberikan sambutan. Menurutnya acara yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali ini sekaligus untuk menepis isu yang terjadi, yaitu isu dimana PAI sebagai mata pelajaran yang ada di sekolah-sekolah akan ditiadakan.

Pentas PAI Tingkat Nasional IX Tahun 2019 mengangkat tema “Keberagaman Generasi Milenial Yang Moderat”. Menag berharap Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai tolak ukur kualitas pembinaan Pendidikan Agama Islam. (win)