Direktur Bina KUA Uraikan Kebijakan Pengelolaan BOP

Selasa, 29 Oktober 2019 | 12:06       Dibaca 76 kali


Balikpapan (inmas-kwl). Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Bapak Mohsen uraikan Kebijakan Pengelolaan BOP KUA, Senin (28/10). Materi tersebut disampaikan pada acara Sosialisasi BOP dan Regulasi KUA yang diselenggarakan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur di Novotel Hotel Balikpapan Kaltim.

Bapak Mohsen, menjelaskan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) adalah Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Agama, bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyrakat Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Tugas pokok KUA melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayah kerjanya. “Hal itu berdasarkan PMA 34 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA,” tambah Bapak Mohsen Didampingi Kabid Bidang Bimas Islam Bapak Nabhan.

Pemberdayaan KUA, terang Bapak Mohsen, diantaranya melalui BOP, pemerataan SDM, standard layanan dan pemenuhan sapras.

Sedangkan tujuan disalurkannya BOP ada dua. Yaitu “Meningkatkan layanan prima dan bimbingan kepada masyarakat serta membantu biaya operasional Kantor Urusan Agama Kecamatan yang tepat guna, tepat jumlah, tepat sasaran, tepat waktu, efektif, efisiensi, transparan dan akuntabel sesuai dengan penggunaan dan kebutuhan Kantor Urusan Agama Kecamatan,” ucap mantan Kakanwil Kemenag Sulteng ini.

Kemudian kriteria alokasi BOP, imbuhnya, disesuaikan dengan tipologi KUA, disalurkan secara non tunai, dan anggaran BOP disesuaikan dengan peningkatan standard layanan KUA.

Tidak lupa, Bapak Mohsen mengungkapkan kondisi pengggunaan dana BOP yang masih banyak kendala. Diantaranya tidak dilibatkan KUA dalam penyusunan alokasi BOP, minimnya sosialisasi, alokasi yang belum ideal memenuhi kebutuhan Operasional KUA, serta masih adanya perbedaan penggunaan akun belanja BOP. (sim).