Diteksi Dini dan Identifikasi Paham Keagamaan

Jumat, 01 November 2019 | 08:51       Dibaca 79 kali

Diteksi Dini dan Indentifikasi Paham Keagamaan

Samarinda (Inmas Kwl) - Sabtu (31/10)- Memelihara kerukunan dan kedamaian umat beragama bagian dari langkah kerja Kementerian Agama. Hal ini mendasari Bidang Bimbingan Masyakarat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Kegiatan Diteksi Dini Dan Identifikasi Paham Keagamaan 2019 di Hotel Midtown Samarinda, di buka secara resmi Kepala Bagian Tatausaha H. Mohlis mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, dimulai kamis hingga Jumat (31 Okt - 1 Nov).

Dalam sambutannya Bapak H. Mohlis berharap setelah kegiatan ini kepada para peserta dapat melakukan deteksi dan identifikasi juga pemantauan dan pembinaan terhadap paham keagamaan yang bermasalah, agar tidak menimbulkan gesekan yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Perlu ada upaya pembinaan dengan kearifan lokal yang ada disetiap daerah, dan menjalin kerjasama instansi terkait seperti TNI & POlRI disertai pendekatan yang tidak menimbulkan penolakan yang ekstrim. Harapannya kedepan aliran paham keagamaan yang ada dapat dibina supaya tidak menimbulkan gejolak yang tidak diinginkan.

Menjadi pekerjaan rumah besar bagaimana membangun harmoni kehidupan sebagaimana Islam yang mengajarkan hubungan sesama meski berada dalam kemajemukan. Karenanya melalui kegiatan seperti ini kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan kehidupan yang harmoni dan menerapkan nilai-nilai Islam yang moderat sehingga Islam menjadi rahmatan lil alamin, imbuh Bapak H. Mohlis.

Formula dalam tugas Diteksi Dini dan Indentifikasi Paham Keagamaan, menjadi bahan diskusi seluruh peserta yang berjumlah 30 orang dalam acara tersebut. Turut pula pemateri yang mengisi kegiatan dari Kejaksaan Tinggi, Majelis Ulama Indonesia, Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur dan Kepolisan Kota Samarinda. (iks)