Cetak Kader Ulama, Putra-putri Terbaik Muara Bengkal di Kirim ke Ponpes Kalsel

Rabu, 06 November 2019 | 17:25       Dibaca 416 kali


Kutai Timur (Inmas). Kec. Muara Bengkal yang berada di pedalaman Kab. Kutai Timur dan berbatasan dengan Kab. Kutai Kertanegara memiliki potensi akan sumber daya alam yang mumpuni untuk menunjang pembangunan di segala bidang dan membantu terlaksananya program kerja pemerintah setempat.

Salah satu program kerja yang terus digalakkan yakni peningkatan pembangunan keagamaan yang dibidangi oleh Kementerian Agama dalam hal ini pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Muara Bengkal, yang mana mempunyai program kerja untuk meningkatkan pemahaman keagamaan.

Terkait hal tersebut, pada Selasa (05/11) KUA Kec. Muara Bengkal bekerjasama dengan pihak pemerintah kecamatan setempat melepas putra-putri terbaik mereka untuk dikirim ke Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan sebagai upaya untuk mencetak kader ulama bagi wilayah kecamatannya.

pelepasannya sendiri langsung dihadiri oleh Camat, Aziz Mujais dengan didampingi oleh Kepala KUA, Abdul Rasyid, Kepala Desa, tokoh agama dan masyarakat serta para orang tua asuh yang bertempat di Kantor Camat. Dimana dalam sambutannya Aziz Mujais menyambut dan mendukung pengiriman putra-putri asal daerahnya ini untuk menimba ilmu agama di Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan dan dapat menjadikan semangat maupun motivasi untuk giat menuntut ilmu agamanya di sana.

Karena diketahui bersama, bahwa pondok pesantren yang berada di Kalimantan Selatan pada umumnya merupakan lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan para ulama yang dapat memberikan manfaat baik untuk orang lain, terutama untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar maupun yang terpenting dalam hal ini untuk daerah asalnya, yakni Muara Bengkal sendiri. Ungkapnya.

Kepala KUA, Abdul Rasyid menambahkan pula bahwa pengiriman putra-putri terbaik di Kec. Muara Bengkal ini sendiri tak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja. Akan tetapi ini merupakan program kerja KUA yang mana untuk peningkatan dan pengalaman akan pemahaman keagamaan yang lebih baik lagi.

Program kerja tersebut yakni mengirim putra-putri ke pondok pesantren, membuka pendidikan madrasah ibtidaiyah dan menghidupkan majelis-majelis ta’lim untuk masyarakatnya dengan mendatangkan para alim-ulama dari Kalimantan Selatan untuk mengisinya.

Untuk program mengirim putra-putri ke pondok pesantren, mereka dikirim di pondok pesantren al Muhajirin di kota Berabai, Kalimantan Selatan. Pengirimannya sendiri melibatkan para orang tua asuh yang peduli akan pentingnya ilmu keagamaan bagi perkembangan pembangunan di sini, dimana saat ini kader-kader ulama saat ini terus mengalami pengurangan. karena itu melalui Lembaga Pengkaderan Ulama (LPU) al Amin yang ber-sekretariat di KUA langsung memprioritaskan program kerja tersebut. Selain mengirim putra-putri ke pesantren, keinginan masyarakat setempat untuk memiliki lembaga pendidikan madrasah pun mengemuka, karena itu dalam waktu dekat akan ini dan didukung oleh pemerintah kecamatan serta disponsori oleh pihak perusahaan yang berada di Muara Bengkal seperti PT. Nala Palma Cadudasa, PT. Surya Hutani dan PT. Telen Prima Sawit mendukung terwujudnya program kerja yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kec. Muara Bengkal dan sekitarnya. Jelasnya. (fd)


Baca Juga

Rabu, 06 November 2019 | 17:25

Sangatta Selatan Gelar Bimbingan Perkawinan


Rabu, 06 November 2019 | 17:25

Nasrun : Status Tanah Wakaf harus Ada AIW


Berita Terpopuler

Rabu, 06 November 2019 | 13:34

2 ASN Kantor Kemenag Kukar Terima SK Mutasi


Selasa, 05 November 2019 | 07:53

MTsN 1 Paser Borong Juara di Kideco Futsal Cup 2019


Senin, 11 November 2019 | 12:34

Pelantikan DPD AGPAII Kabupaten Berau