MAN PPU Siap Hadapi UNBK 2019

Jumat, 08 November 2019 | 15:01       Dibaca 109 kali


Penajam Paser Utara (Inmas) - UNBK adalah sitem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai medianya. Pelaksanaan ujian ini menggunakan sistem semi online yakni dengan alur soal dikirim dari server pusat secara online yakni dengan alur soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan sonkronisasi ke server lokal atau sekolah.

Kemudian, ujian peserta didik dilayani diserver lokal secara offline. Setelah itu, hasil ujian dikirim kembali atau diunggah dari server lokal keserver pusat.

Meskipun bukan kali pertama mengikuti UNBK, MAN PPU tetap mempersiapkan para siswanya untuk menghadapi ujian pada Maret mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu dengan mengikuti simulasi UNBK yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh Puspendik Kemdikbud, simulasi pertama UNBK untuk siswa SMA/MA dilaksanakan selama 2 hari, Rabu dan Kamis tanggal 6 Nopember dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan hari Kamis tanggal 7 Nopember dengan mata pelajaran pilihan.

Simulasi ini diikuti 97 siswa kelas 12 terdiri jurusan IPA dan IPS. Peserta terbagi dalam 2 ruangan dengan 3 sesi pelaksanaan ujian. Ujian sesi 1 dilaksanakan mulai pukul 7.30 - 9.30. Sesi kedua pukul 10.00 - 12.00 dan sesi ketiga pukul 14.00 - 16.00. Masing-masing ruang ujian memiliki kapasitas 17 peserta ujian dengan didampingi oleh 1 orang proktor dan teknisi.

Ditemui disela-sela aktivitasnya di laboratorium komputer, Yulda Yahya Kurniadi, S.Pd sebagai salah satu teknisi mengatakan bahwa simulasi hari pertama tidak berjalan dengan lancar diruang komputer 1. Ketidaklancaran disebabkan oleh kendala teknis dilapangan. "Tadi ada kendala teknis, sempat terjadi trouble pada saat pelaksanaan sesi 2 hal ini menyebabkan siswa yang terdaftar pada sesi tersebut tidak dapat mengikuti simulasi. Kesalahan hanya terjadi diruang komputer 1. Sedangkan peserta diruang komputer 2 tidak ada masalah." Ujar Yuldi.

Ia menambahkan bahwa semua anak-anak mengikuti simulasi dengan tenang, "semoga pada saat UNBK tidak ada kendala," pungkas Yuldi. (alfi/basz)


Baca Juga

Jumat, 08 November 2019 | 15:01

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di MI Ar Riyadh


Jumat, 08 November 2019 | 15:01

MI JQ Gelar Outbound Siswa


Jumat, 08 November 2019 | 15:01

MTs Alam Ikuti Bontang Food Festival


Berita Terpopuler

Senin, 09 Desember 2019 | 10:55

Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Paser ke 45